9 Pengungsi Gunung Merapi di Magelang Reaktif Covid-19

    Antara - 08 November 2020 17:47 WIB
    9 Pengungsi Gunung Merapi di Magelang Reaktif Covid-19
    Seorang pengungsi dari Desa Keningar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, menjalani tes cepat (rapid test) di tempat pengungsian Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid. (Foto: ANTARA/Heru Suyitno)
    Magelang: Hasil tes cepat (rapid test) covid-19 terhadap para pengungsi warga kawasan Gunung Merapi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sebanyak sembilan orang dinyatakan reaktif.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan mereka yang reaktif langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang untuk ditindaklanjuti dengan tes usap (swab).

    "Tes cepat dilakukan kepada semua pengungsi, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19," ujarnya, Minggu, 8 November 2020.

    Berdasarkan laporan Posko Desa Banyurojo, dari 238 pengungsi yang menjalani tes cepat, hasilnya semua dinyatakan nonreaktif. Posko Desa Mertoyudan dari 166 orang yang menjalani tes cepat, tiga di antaranya reaktif.

    Baca juga: Menhub: Pembangunan Tak Boleh Berhenti Meski Pandemi Covid-19

    Kemudian Posko Desa Deyangan, dari 82 orang yang menjalani tes cepat, tiga orang di antaranya reaktif. Posko Gedung PPP dari 17 orang yang menjalani tes cepat, satu orang dinyatakan reaktif.

    Selanjutnya di Posko Desa Ngrajek dari 96 pengungsi yang menjalani tes cepat, dua di antaranya reaktif. Di pengungsian Ngrajek ini juga ada empat orang sakit yang kemudian dirujuk ke RS Merah Putih.

    "Jumlah pengungsi di Kabupaten Magelang hingga Minggu siang sebanyak 767 orang," ujarnya.

    Sejumlah pengungsi tersebut berasal dari Desa Krinjing sebanyak 126 orang, Desa Ngargomulyo 120 orang, Desa Paten 389 orang, dan Desa Keningar 132 orang.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id