Gunung Rinjani dan Tambora Kembali Dibuka untuk Pendakian

    Antara - 01 April 2021 13:45 WIB
    Gunung Rinjani dan Tambora Kembali Dibuka untuk Pendakian
    Sejumlah wisatawan lokal berswafoto dengan latar Gunung Rinjani di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. (ANTARA/Awaludin)



    Mataram: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kembali membuka aktivitas wisata pendakian dua gunung berapi di Nusa Tenggara Barat, yakni Gunung Rinjani Pulau Lombok dan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa mulai 1 April 2021.

    Aktivitas wisata pendakian di dua gunung berapi tersebut sebelumnya ditutup sejak 1 Januari 2021, karena faktor kondisi cuaca buruk di atas pegunungan yang membahayakan nyawa manusia.






    "Aktivitas pendakian Gunung Rinjani masih dibatasi dengan kuota maksimal 50 persen dari normal dan lama pendakian hanya tiga hari dua malam," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Dedy Asriady, Kamis, 1 April 2021.

    Ia mengatakan para wisatawan yang ingin melakukan pendakian wajib untuk melakukan pemesanan tiket pendakian melalui aplikasi e-Rinjani yang dapat diunduh melalui Playstore.

    Baca juga: Pemkot Tangsel Jaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadan

    Balai TNGR juga menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat terhadap para wisatawan, baik dari mulai pintu masuk, saat di lokasi wisata, maupun saat keluar kawasan taman nasional.

    "Penerapan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas wisata di dalam kawasan TNGR pada masa normal baru pandemi covid-19 sesuai dengan arahan Dirjen KSDAE," kata Dedy.

    Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Tambora Yuniadi, mengatakan, pembukaan wisata pendakian Gunung Tambora juga terhitung mulai 1 April 2021.

    Setiap pendaki yang berkunjung ke Gunung Tambora wajib mematuhi protokol pencegahan penyebaran covid-19 dan membawa surat keterangan bebas korona.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id