PPKM Mikro di DIY Dilanjutkan hingga Maret

    Ahmad Mustaqim - 22 Februari 2021 17:07 WIB
    PPKM Mikro di DIY Dilanjutkan hingga Maret
    Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. (Foto:Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Kebijakan itu dituangkan lewat surat instruksi bernomor 6/INSTR/2021 tertanggal 22 Februari 2021. 

    "Instruksi gubernur ini berlaku mulai 23 Februari sampai 8 Maret 2021," kata Sri Sultan, Senin, 22 Februari 2021.

    Sri Sultan menginstruksikan bupati/wali kota di wilayahnya untuk melakukan pengawasan masyarakat hingga tingkat rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). Pemerintah di tingkat bawah menjalankan fungsinya sesuai dengan zonasi wilayah yang sudah ditetapkan, baik zona hijau, zona kuning, zona oranye, maupun zona merah. 

    Baca juga: 103 Karung Bawang Merah Ilegal Gagal Diselundupkan

    "Untuk wilayah dengan (kategori) zona merah dilakukan pelacakan kontak erat kasus, isolasi mandiri maupun terpusat, menutup rumah ibadah dan tempat umum lain, melarang kerumunan, membatasi keluar masuk wilayah RT, serta meniadakan kegiatan sosial," kata dia. 

    Sri Sultan juga meminta adanya koordinasi intens antara jajaran pemerintahan hingga tingkat bawah, termasuk dengan tokoh masyarakat setempat dan kelompok masyarakat seperti karang taruna. Mekanisme koordinasi itu dilakukan dengan cara pengawasan dan evaluasi dalam pelaksanaan PPKM berbasis mikro. 

    "Adanya posko di tingkat kelurahan berfungsi sebagai pencegahan, penanganan, pembinaan, dan mendukung penanganan covid-19 di wilayah setempat," kata dia. 

    Selain itu, pemerintah desa diminta menggunakan dana desa untuk penanganan covid-19. Kebutuhan dana juga akan dibantu pemerintah kabupaten/kota. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id