Zona Hijau dan Kuning di Jateng Boleh Gelar Salat Id Berjemaah

    Mustholih - 03 Mei 2021 17:24 WIB
    Zona Hijau dan Kuning di Jateng Boleh Gelar Salat Id Berjemaah
    ilustrasi Medcom.id



    Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengizinkan warganya yang berada di zona hijau dan kuning melaksanakan salat Idulfitri berjemaah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta Kementerian Agama Jawa Tengah segera memetakan daerah-daerah aman dan rawan covid-19.

    "Kita minta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk menyiapkan tempat ibadah salat Idulfitri. Yang boleh itu daerah zona kuning dan hijau," kata Ganjar, Senin, 3 Mei 2021.






    Baca: Tiba di Bandara Juanda, 4 Pekerja Migran Positif Covid-19

    Ganjar menjelaskan di luar zona hijau dan kuning, salat Idulfitri berjemaan dilarang digelar. Ganjar mengaku khawatir salat Idulfitri berjemaah di zona rawan yang masuk kategori oranye dan merah menjadi klaster baru penularan covid-19.

    "Kita akan petakan dari yang paling kecil yakni desa dan kelurahan. Untuk yang masih zona merah dan oranye tidak boleh menyelenggarakan salat Idul Fitri. Seperti tahun lalu salat di rumah, tidak perlu diperdebatkan," jelas Ganjar.

    Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta'in Ahmad, mengaku butuh beberapa hari untuk melakukan pemetaan daerah aman dan rawan covid-19 di Jateng. Musta'in mengeklaim pemetaan akan dilakukan hingga ke tingkat desa.

    "Ke depan ini kita petakan wilayah mana yang boleh atau tidak melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah. Pemetaan itu sampai di tingkat desa dan kelurahan," ungkap Musta'in.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id