Banten Siaga Wisata Lebaran Antisipasi Penyebaran Covid-19

    Antara - 06 Mei 2021 06:34 WIB
    Banten Siaga Wisata Lebaran Antisipasi Penyebaran Covid-19
    Wakil Gubernur Banten memimpin rapat virtual koordinasi persiapan Siaga Wisata Lebaran 2021, Rabu, 5 Mei 2021. ANTARA/ Mulyana



    Serang: Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, meminta seluruh stake holder pariwisata bersiap menghadapi momen libur Lebaran tahun ini. Hal tersebut guna mengantisipasi pencegahan muncul kluster baru penyebaran covid-19.

    "Saya yakin ini bukan tugas yang mudah. Mengontrol sekian banyak orang untuk menerapkan prokes di tempat-tempat wisata," kata Andika di Serang, Kamis, 6 Mei 2021.

     



    Baca: Polda Sulsel Dirikan 42 Titik Penyekatan Antisipasi Pemudik

    Andika menjelaskan potensi membludaknya tempat-tempat wisata di Banten diprediksi akan terjadi di sejumlah destinasi wisata pantai dan destinasi wisata ziarah.

    Andika mengingatkan meski kebijakan larangan mudik pemerintah pusat ini telah mampu mereduksi sebanyak 81 juta warga untuk tidak jadi mudik, namun survey juga menyebutkan bahwa masih ada sekitar 17 persen masyarakat yang memilih untuk tetap mudik.

    "Kita juga tahu, Banten kental nuansa religi islami yang terwujud salah satunya melalui banyak kepemilikan destinasi wisata religi. Dan perlu diketahui, Banten itu 6 besar tujuan mudik setelah Jabar, Jateng, Jatim, Bali dan Lampung," jelas Andika.

    Andika meminta Dinas Pariwisata Provinsi Banten bersama-sama stakeholder pariwisata agar melakukan pemetaan kesiapan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, baik kepada karyawan, pemandu wisata lokal, pengunjung, masyarakat sekitar, maupun pihak lain yang beraktivitas di tempat wisata melalui media luring dan/atau daring.

    SOP disusun dengan memperhatikan karakteristik dan kekhususan daya tarik wisata yang dikelola, baik daya tarik wisata alam, budaya, maupun hasil buatan manusia.

    Andika juga mengingatkan ketersediaan sarana informasi himbauan untuk
    mematuhi protokol kesehatan selama di tempat wisata. "Hal itu bisa dilakukan dengan pemasangan baliho dan spanduk himbauan penerapan protokol kesehatan di kawasan destinasi wisata pantai dan perairan terbuka," ujarnya.


     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id