Menhan Tinjau Pengungsi di Lanud Sultan Hasanuddin

    Muhammad Syawaluddin - 09 Oktober 2019 17:31 WIB
    Menhan Tinjau Pengungsi di Lanud Sultan Hasanuddin
    Kepala Dinas Operasi Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Penerbang Bambang Sudewo, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu, 9 Oktober 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
    Makassar: Sebanyak 171 warga korban kerusuhan Wamena tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Saat tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu datang untuk melihat kondisi para eksodus tersebut.

    "Menhan di sini (Lanud Hasanuddin) transit untuk melihat kondisi pengungsi. Menhan juga melanjutkan ke Jayapura dan Wamena untuk melihat kondisi di sana," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Penerbang Bambang Sudewo di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu, 9 Oktober 2019.

    Bambang menjelaskan bahwa Menhan tiba di Pangkalan Udara Lanud Sultan Hasanuddin setelah melakukan penerbangan langsung dari Halim Perdanakusuma, JakartaBambang menjelaskan bahwa Menhan tiba di Pangkalan Udara Lanud Sultan Hasanuddin setelah melakukan penerbangan langsung dari Halim Perdanakusuma. Menhan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jayapura dan Wamena. 

    "Menhan datang bersama beberapa staf kementerian," jelas Bambang.

    Ratusan pengungsi yang tiba di Lanud Sultan Hasanuddin sendiri terbagi menjadi dua kelompok yakni pengungsi yang turun di Lanud Hasanuddin sebanyak 76 orang selebihnya masih melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Jawa. 

    "76 orang itu yang merupakan warga Sulawesi Selatan. 95 orang lanjut ke Kota Malang," ungkap Bambang.

    Khusus untuk warga Sulawesi Selatan, untuk sementara mereka akan ditempatkan di gedung yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Makassar untuk memulihkan kondisi badan dan makanan, kemudian dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. 

    Dengan tibanya ratusan pengungsi di Lanud Sultan Hasanuddin tersebut. Menambah deretan jumlah pengungsi yang memilih pulang ke kampung halaman pascakerusuhan di Wamena. Hingga saat ini total yang turun dan transit di Lanud Sultan Hasanuddin sudah hampir mencapai seribu orang. 

    "Jumlah total dari tujuh sortie Hercules itu sebanyak 963 orang. Itu termasuk yang turun dan transit," beber Bambang.

    Bambang belum bisa memastikan berapa jumlah pengungsi yang akan kembali diangkut oleh Hercules milik TNI angkatan Udara. Yang jelas pihaknya siap jika masih ada pengungsi yang ingin pulang ke kampung halaman. 

    Antrian di Jayapura sendiri masih cukup banyak, hanya saja Bambang Sudewo tidak bisa memberikan jumlah pasti pengungsi yang berada di Jayapura. "Kita tidak bisa memaksa kondisi mereka, karena mereka memiliki trauma masing-masing," pungkas Bambang.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id