Harga Cabai Merah di Pekanbaru Tembus Rp90 Ribu per Kg

    Rudi Kurniawansyah - 17 Juli 2019 16:14 WIB
    Harga Cabai Merah di Pekanbaru Tembus Rp90 Ribu per Kg
    Illustrasi. Dok : MI/Benny Bastiandy.
    Pekanbaru: Harga komoditas bahan pokok cabai merah di Kota Pekanbaru, Riau, melonjak drastis dalam sepekan. Harga bahan bumbu dapur itu pada Rabu, 17 Juli 2019 melambung hingga Rp90 ribu per kilogram. 

    Hasil penelusuran Media Indonesia di Pasar Cik Puan Pekanbaru, harga cabai merah terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Faktor kurangnya pasokan diduga menjadi penyebab mahalnya harga cabai di pasaran.

    "Harga cabai merah dari Bukittinggi, Sumatra Barat hari ini Rp90 ribu per kilogram. Naik dari sehari sebelumnya sekitar 80-85 ribu per kilogram," kata pedagang cabai Roni Karbon di Pekanbaru, Rabu, 17 Juli 2019.

    Pedagang cabai Pasar Cik Puan Edi Manik mengatakan, pembeli banyak beralih memberli cabai hijau dan merah asal Medan, Sumatra Utara, ketimbang cabai asal Sumatra Barat. Cabai merah Medan dijual Rp70 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram.

    "Cabai mahal sekarang. Kami tidak tahu penyebabnya tetapi memang sudah naik sejak dari agen pemasok dan distributor di gudang," jelasnya.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, lonjakan harga kebutuhan pokok hanya terjadi pada komoditas cabai merah. Sedangkan bahan pokok lainnya cenderung stabil meskipun diakui masih tergolong mahal.

    "Perkembangan harga cabai merah dari Bukittinggi memang mengalami kenaikan yang tidak wajar," jelasnya.

    Karena itu Disperindag Kota Pekanbaru dalam beberapa hari ke depan akan memantau perkembangan harga cabai di pasaran. Hal itu dilakukan untuk menentukan tindakan selanjutnya dalam normalisasi harga cabai.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id