Gubernur Sumsel Intruksikan Kepala Daerah Siaga Bencana

    Gonti Hadi Wibowo - 09 Januari 2020 20:27 WIB
    Gubernur Sumsel Intruksikan Kepala Daerah Siaga Bencana
    Kondisi banjir bandang di Kabupaten Lahat, Sumsel, Kamis, 9 Januari 2020. Dokumentasi/ Istimewa
    Palembang: Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengintruksikan kepala daerah di Bumi Sriwijaya siaga menghadapi bencana banjir dan tanah longsor. Bahkan Pemprov Sumsel telah menerbitkan surat edaran mengenai kesiapsiagaan mengingat prediksi dari BMKG mengenai kondisi cuaca ekstrem.

    "Saya sudah buat maklumat kepada Walikota/Bupati agar mereka siaga dan menyediakan alat untuk mengantisipasi bencana," kata Herman Deru, Kamis, 9 Januari 2020.

    Herman mengatakan pihaknya masih menunggu laporan resmi dari BPBD mengenai banjir bandang di Kabupaten Lahat. Pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk alokasi anggaran penanggulangan bencana. Hanya saja, anggaran tersebut bisa turun kalau pemerintah kabupaten dan kota mengajukan ketidaksiapan dalam menanggulangi bencana.

    "Pesan Mendagri dalam surat Telegram sudah ada dan kita boleh menggunakan anggaran tidak terduga untuk membantu wilayah bencana," ujarnya.

    Untuk mengatasi bencana alam di Kota Pagar Alam dan Kabupatwn Lahat, lanjut Herman, pihaknya menawarkan dua solusi yakni normalisasi dan perbaikan wilayah hutan penyanggah di wilayah perbukitan.

    "Kalau sungai yang berlangganan banjir bisa dilakukan normalisasi atau bisa juga banjir ini akibat hutannya habis," pungkas Herman.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id