Pelatihan Jurnalistik Media Group Hari Kedua Perbanyak Praktik

    Rhobi Shani - 05 September 2019 18:56 WIB
    Pelatihan Jurnalistik Media Group Hari Kedua Perbanyak Praktik
    Pelatihan jurnalistik Media Group di kampus Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani
    Kudus: Pelatihan jurnalistik untuk karyawan dan mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) hari kedua, oleh Media Group, fokus pada praktik. Peserta pelatihan diminta membuat grup kemudian membuat konsep majalah atau buletin dan berita video. 

    Salah satu pemateri, wartawan senior Media Indonesia, Gantyo Koespradono, mengatakan pelatihan tidak sekadar teori. Hari kedua lebih banyak praktik lapangan dan pembuatan majalah. 

    "Kita beri tugas langsung, karena jika diberikan teori terus tentu akan membosankan," kata Gantyo, Kamis, 5 September 2019.

    Sebanyak 50 peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok fokus kepada cetak, kelompok kedua fokus daring, dan kelompok ketiga fokus broadcast

    Pelatihan jurnalistik berlangsung tiga hari mulai kemarin. Sementara untuk esok, hasil latihan peserta hari ini dievaluasi. Peserta akan mendapat pendampingan dari pemateri. 

    Setelah pelatihan selama tiga hari, Gantyo menambahkan, pihaknya akan mendampingi selama enam bulan. Sehingga usai pelatihan masih akan dievaluasi. 

    "Pemateri tetap akan melakukan pendampingan sampai peserta menguasai materi, jadi tidak ditinggal begitu saja, masih didampingi terus," ujar Gantyo.

    Salah satu peserta, Didik Prakoso, mengatakan pelatihan jurnalistik fokus praktik pembuatan master desain layout. Selain itu ada juga praktik membuat paragraph style. Pemateri mendampingi langsung setelah sehari sebelumnya diberi teori. 

    "Dengan perbanyak praktik tentu akan membuat kami lebih memahami bagaimana membuat desain layout yang baik, nantinya disesuaikan dengan buletin kami," kata Didik.

    Peserta lain, Epafras Fariz Kurniawan. menambahkan untuk kelas broadcast praktik pembuatan Voice Over, Sound on Tape hingga Live on Tape. Sebelumnya juga diminta untuk membuat vlog. 

    Praktik tersebut sangat dibutuhkan ketika membuat berita video yang baik sesuai kaidah jurnalistik, khususnya TV.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id