Gardu Induk Baturaja Akan Normal dalam Dua Hari

    Gonti Hadi Wibowo - 15 November 2019 09:43 WIB
    Gardu Induk Baturaja Akan Normal dalam Dua Hari
    Petugas PLN saat memperbaiki gardu induk Baturaja, Kabupaten OKU. (Foto: Istimewa)
    Baturaja: Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat PLN Rayon Baturaja, Zamzami, mengatakan kerusakan pada gardu induk PLN Rayon Baturaja, segera diperbaiki. Perbaikan diprediksi selesai dalam dua hari ke depan.

    “Sejak semalam tim sudah mulai menyiapkan peralatan dan material terutama kabel tegangan menengah. Mudah-mudahan dalam waktu dua hari ke depan sudah selesai perbaikan jika tidak ada kendala yang berarti,“ ujarnya, Kamis, 14 November 2019.

    Menurut dia, hujan deras disertai angin kencang dan petir pada Rabu sore, 13 November 2019, di sebagian wilayah Sumatra Selatan menyebabkan arus pendek di saluran 20 ribu volt pada transformator 1 (trafo#1) yang menyuplai listrik di OKU.

    "Namun untuk peralatan gardu induk sendiri masih aman karena tidak terkena imbasnya secara signifikan,” kata dia.

    Dampak akibat terbakarnya kabel tegangan menengah tersebut, pasokan listrik ke Kota Baturaja dan sebagian Kabupaten OKU padam total. Sekitar 41 Megawatt terkena imbas dari gangguan tersebut. Pihaknya pun sementara mengalihkan suplai jaringan listrik ke Gardu Induk Martapura, Muara Dua dan Prabumulih.

    "Pukul 18.04 WIB, trafo#3 berhasil dioperasikan sebesar 10 MW, dan pada pukul 20.00 WIB sebagian disuplai dari GI Martapura dan GI Muara dua sekitar 5 MW dan sebagian lagi disuplai dari GI Prabumulih sekitar 2 MW. Selain itu, beban dimanuver dari PLTU Baturaja yang sudah siap backup suplai,” jelasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id