KPU Tak Persoalkan Foto Caleg Diedit

    Ahmad Mustaqim - 20 Juli 2019 19:31 WIB
    KPU Tak Persoalkan Foto Caleg Diedit
    Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak menyoal foto calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Evi Apita Maya yang diedit. Perkara foto caleg hasil editan ini tengah dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK).

    Ketua KPU Arief Budiman mengatakan lembaganya tak memiliki keterkaitan soal foto caleg yang jadi persoalan itu. KPU hanya mengurusi sebatas layak tidaknya caleg itu mengikuti proses pemilu.

    "Kami hanya mengurus apakah dia (caleg) memenuhi syarat atau tidak. (Foto edit) sekarang sedang disengketakan di MK," kata Arief di Kantor KPU DIY Jalan Ipda Tut Harsono Kota Yogyakarta Sabtu, 20 Juli 2019.

    KPU masih menunggu hasil putusan di MK. Menurut dia, putusan sidang MK bisa saja menjadi masukan untuk penyelenggara di pemilu yang akan datang.

    "Kami pernah berpikir, boleh enggak kewajiban menyerahkan foto calonnya difoto di kantor KPU? Setelah kita timbang, merepotkan banyak pihak. Ya merepotkan KPU, ya merepotkan mereka (caleg)," kata dia.

    Rencana aturan pengambilan foto di KPU pun batal dikesampingkan karena kekhawatiran banyak pihak tidak puas dengan hasil akhirnya. Hal tersebut bisa menimbulkan tuduhan KPU tak bisa bekerja dengan baik.

    "Akhirnya kita enggak jadi atur. Ide itu muncul, kalau di KPU kan foto baru. Tidak ada masalah (edit foto caleg). Pokoknya foto yang dia serahkan kami. Engggak hafal wajah satu per satu," kata dia.

    Foto caleg DPD Dapil NTB, Evi Apita Maya dipersoalkan di MK. Evi dituding merekayasa identitas diri oleh sesama caleg DPD NTB Farouk Muhammad.

    Gugatan Farouk teregistrasi di nomor perkara 03-18/PHPU-DPD/XVII/2019. Dalam permohonanya, Farouk mendalilkan Evi telah melakukan manipulasi atau pengeditan terhadap pasfoto di luar batas kewajaran.




     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id