TNI Tak Tambah Pasukan Menjelang HUT OPM

    Roylinus Ratumakin - 27 November 2019 18:26 WIB
    TNI Tak Tambah Pasukan Menjelang HUT OPM
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Jayapura: Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel CPL. Eko Daryanto mengatakan tidak ada penambahan anggota TNI menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di tanah Papua pada 1 Desember 2019. Pengamanan utama ada pada wewenang Polri.

    "Kami tidak ada istilah penambahan atau penebalan pasukan jelang 1 Desember, yang ada TNI sifatnya membackup teman-teman dari Polri," kata Eko di Jayapura, Rabu, 27 November 2019.

    Eko menjelaskan jika pihaknya hanya mempersiapkan pasukan untuk kedatangan Panglima TNI dan juga Kapolri yang berkunjung ke beberapa wilayah di Papua. "Jadwalnya Panglima adalah untuk meninjau secara langsung kesiap-siagaan Satuan Kostrad yang ada di Mimika dan Kota Jayapura," jelas Eko.

    Kata Eko, apabila dikemudian hari situasinya berubah (terjadi gangguan keamanan) pihaknya akan siap membantu pihak Kepolisian apabila diminta bantuan.

    "Kami selalu siap. Kapanpun diminta kami siap untuk menurunkan kekuatan yang ada," ungkap Eko.

    Sebelumnya Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan jika pihaknya mengerahkan sekitar 1.300 personel jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di seluruh wilayah Provinsi Papua.

    "Rencana pengamanan tetap akan dilakukan dengan melibatkan personil dari Polda, dan Polres jajaran. Ada 1.300 pasukan personel yang akan kami turunkan dalam melakukan pengamanan di seluruh wilayah Papua," kata Waterpauw.

    Waterpauw menjelaskan pengerahan pasukan bukan semata mengantisipasi kemungkinan gerakan kelompok yang ingin membuat situasi Papua menjadi tidak aman. Pengerahan tersebut juga untuk mengamankan hari pertama menyambut Natal pada 1 Desember 2019.

    "1 Desember adalah hari penting di Papua, di mana hari tersebut adalah hari pembuka untuk merayakan hari Natal untuk umat Kristen dan Katolik dari berbagai demonasi gereja melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, dan ini menjadi tugas kami untuk mengamankan jalannya ibadah tersebut," jelas Waterpauw.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id