Banjir Rendam 2 Desa di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

    Whisnu Mardiansyah - 09 September 2021 15:18 WIB
    Banjir Rendam 2 Desa di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
    Kondisi banjir di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, pada Rabu, 8 September. BNPB



    Gorontalo: Banjir kembali melanda wilayah kabupaten di Provinsi Gorontalo. Banjir terjadi di dua desa yang berada di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, pada Rabu, 8 September, sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

    Hujan intensitas tinggi memicu banjir yang melanda dua desa, yaitu Desa Cendana Putih dan Ilohuuwa. Sebanyak 60 kepala keluarga (KK) atau 238 jiwa terdampak dan satu jembatan terpantau rusak akibat banjir.

     



    Tidak ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut, sedangkan pemutakhiran data kaji cepat masih dilakukan oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) setempat. BPBD Kabupaten Bone Bolango menginformasikan hujan deras terjadi sejak dini hari, pukul 04.00 hingga 10.00 Wita.

    BPBD Kabupaten Bone Bolango telah  mendistribusikan bantuan logistik kepada warga terdampak. Mengantisipasi potensi banjir di wilayah itu, BPBD bekerja sama dengan pemerintah desa menyiapkan balai desa yang dapat sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai pos pengungsian.

    Baca: Pencarian Korban Banjir Bandang di Ngada NTT Terkendala Cuaca

    Di samping itu, para petugas BPBD yang dibantu instansi terkait lain, seperti TNI, Polri, dinas sosial, Tagana, aparat kecamatan dan desa, melakukan pembersihan material sampah yang terbawa oleh banjir tersebut.  

    Berdasarkan pantauan inaRISK, Kecamatan Bone bukan wilayah yang berada pada kawasan bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian kepada pemerintah daerah untuk mengidentifikasi bahaya dan risiko ke depan.

    Namun demikian, wilayah Bone termasuk kabupaten dengan potensi bahaya tanah longsor pada kategori sedang hingga tinggi. Sedangkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kecamatan Bone berada pada potensi gerakan tanah dengan kategori menengah hingga tinggi. Kondisi topografi dan curah hujan tinggi menjadi indikator yang patut diwaspadai saat memasuki musim hujan September ini.

    Sementara itu, terdapat 12 kecamatan di kabupaten Bone Bolango yang berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di wilayah Gorontalo pada bulan September hingga November 2021. Prakiraan dini cuaca BMKG mencatat wilayah Gorontalo berpotensi hujan lebat yang disertai petir atau kilat serta angin kencang pada dua hari ini, 9 – 10 September 2021.



    *?Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id