BP2MI Selidiki Calon TKW Meninggal di CKS Malang

    Daviq Umar Al Faruq - 13 Juni 2021 11:03 WIB
    BP2MI Selidiki Calon TKW Meninggal di CKS Malang
    Balai Latihan Kerja Luar Negeri Central Karya Semesta (CKS) di Jalan Raya Rajasa, Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.



    Malang: Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menemukan fakta baru terkait permasalahan di Balai Latihan Kerja Luar Negeri Central Karya Semesta (CKS) di Jalan Raya Rajasa, Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Yakni dugaan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang pernah meninggal di lokasi tersebut, namun ditutup rapat oleh CKS.

    "Sudah kami sampaikan ke Pak Kapolresta Malang Kota, untuk yang meninggal dunia mudah-mudahan dengan adanya kasusnya yang sekarang ditangani bisa menjadi pintu masuk," kata Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, di Malang, Jawa Timur, Minggu 13 Juni 2021.

     



    Benny menceritakan, para PMI di balai latihan kerja CKS diminta tutup mulut terkait peristiwa meninggalnya salah seorang PMI. Saat dikonfirmasi, CKS pun sempat mengelak.

    Baca: BP2MI Segera Cabut Izin Balai Tenaga Kerja CKS Malang

    "Perusahaan mengaku meninggal dunia di rumah sakit. Dan beberapa PMI yang temannya meninggal dunia dulu itu bahkan iuran Rp50-100 ribu untuk memberikan pengobatan. Berarti perusahaan tidak memberikan pengobatan kepada PMI hingga meninggal dunia," terangnya.

    Segala temuan BP2MI tersebut akan diserahkan kepada Polresta Malang Kota untuk menjadi tambahan penyelidikan. Sebab polisi sendiri tengah menyelidiki lima orang calon TKW yang mencoba kabur dari balai latihan kerja CKS.

    "Itu akan kami serahkan ke kepolisian. Ada 120 calon PMI masih ada disana. Yang kabur total ada 5, yang 3 perawatan, dua yang awalnya saat peristiwa itu dilaporkan tidak diketahui identitasnya tapi sekarang sudah diketahui identitasnya," tegasnya.

    Baca: Pihak BLK CKS Klaim 5 TKW Kabur karena Provokasi

    Sebelumnya, sebanyak lima orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) mencoba kabur dari Balai Latihan Kerja (BLK) Central Karya Semesta (CKS) di Jalan Raya Rajasa, Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, pada Rabu 9 Juni 2021, malam.

    Para TKW asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut melarikan diri dengan menjebol teralis di lantai 4 gedung milik PT Citra Karya Sejati tersebut dan turun bermodalkan tali dari potongan selimut.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun Medcom.id, para calon TKW ini sempat terjatuh saat mencoba melarikan diri. Tiga orang mengalami luka-luka, dan dua orang lainnya berhasil melarikan diri. Tiga calon TKW yang terluka itu langsung dilarikan warga ke RSUD Kota Malang untuk mendapat perawatan intensif.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id