Kejagung Sidik Alih Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading Langkat

    Al Abrar - 06 Desember 2021 11:42 WIB
    Kejagung Sidik Alih Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading Langkat
    ilustrasi. Medcom.id



    Langkat: Kejaksaan Agung melalui Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara menyelidiki kasus dugaan tindak pidana korupsi penguasaan pengalihan dan pengusaan aset di Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading, Langkat, Sumatra Utara. Kasus mafia tanah itu diduga menimbulkan kerugian keuangan negara.

    "Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara telah mengeluarkan Surat Perintah Penyelidikan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, melalui keterangan tertulisnya, Senin, 6 Desember 2021. 
     
    Menurut Leonard, dugaan tindak pidana korupsi pengalihan fungsi Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading merupakan tindak lanjut dari hasil penyelidikan Kejati Sumut. Tim Penyelidik telah menemukan adanya peristiwa dugaan tindak pidana korupsi dengan bukti permulaan yang cukup.

     



    Baca: NasDem Minta Pemberantasan Mafia Tanah Tak Pandang Bulu

    Ditemukan fakta bahwa sebagian Kawasan Suaka Margasatwa telah dialih fungsikan yang seharusnya menjadi Hutan Bakau (mangrove) namun telah diubah menjadi perkebunan sawit dengan luas 210 Hektare yang ditanami pohon sawit sebanyak 28.000 pohon," kata Leonard.

    Selain itu, di atas tanah tersebut juga telah diterbitkan 60 Sertifikat Hak Milik atas nama perorangan yang mana setelah dilakukan pemeriksaan permintaan keterangan dan dokumen terkait ternyata lahan tersebut hanya dikuasai/dimiliki oleh satu orang.

    "Diduga sebagai mafia tanah dengan modus menggunakan nama sebuah Koperasi Petani yang seolah-olah sebagai pemilik lahan dan mengelola perkebunan sawit tersebut," kata Leonard.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id