Tes Usap Antigen Bagi Pelaku Perjalanan di Kudus Ditingkatkan

    Rhobi Shani - 27 Mei 2021 15:43 WIB
    Tes Usap Antigen Bagi Pelaku Perjalanan di Kudus Ditingkatkan
    Wisatawan dites usap antigen di wilayah perbatasan. Medcom.id/ Rhobi Shani



    Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meningkatkan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan yang hendak masuk ke Kota Kretek. Tes usap antigen secara acak terus dilakukan di pos-pos penyekatan.

    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo mengatakan, sejak 6 Mei 2021 hingga kini Dinkes Kudus telah melakukan tes usap antigen lebih dari 4.000. Hasilnya, lebih dari 600 orang diketahui positif covid-19.

     



    "Antigen tetap dilakukan kepada pelaku perjalanan, di objek wisata, ini tetap berjalan dan ini digiatkan kembali. Dari kami saja sampai saat ini sudah 4.600 sekian (tes antigen) yang positif 600 lebih,” ujar Badai Ismoyo, Kamis, 27 Mei 2021.

    Tingginya angka kasus positif covid-19 saat ini, lantaran tes yang dilakukan juga tinggi. Saat ini angka positif covid-19 di Kota Kretek mencapai 804 kasus.

    Baca: Penerapan Prokes Perayaan Waisak Disebut Praktik Mulia Keagamaan

    Dia menerangkan, untuk menangani tingginya lonjakan kasus covid-19, sejumlah kebijakan telah diambil. Seperti menutup objek wisata, melakukan penyekatan dan tes usap antigen acak bagi wisatawan. Serta menambah ruang isolasi bagi pasein covid-19.

    “Kami juga mempersiapkan ruangan bekas akademi kebidanan (Akbid) di belakang (RSUD dr Loekmono Hadi) untuk ruang isolasi. Kalau terisi semuanya bisa 48 tempat tidur,” terangnya.

    Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Abdul Halil, mengatakan seluruh objek wisata ditutup. Itu upaya untuk menekan laju penularan covid-19. Penyekatan wisatawan dilakukan di enam titik pintu masuk Kabupaten Kudus.

    “(Penyekatan) ini sampai dua minggu ke depan. Sampai saat ini sudah puluhan kendaraan wisatawan yang diminta putar balik” ujar Halil.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id