Mukomuko Tetapkan Status Darurat Bencana Banjir

    Antara - 20 September 2021 23:55 WIB
    Mukomuko Tetapkan Status Darurat Bencana Banjir
    Bupati Mukomuko Sapuan beserta pejabat pemerintah setempat mengecek wilayah terendam banjir. ANTARA/HO-Humas Pemkab Mukomuko



    Mukomuko: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan status tanggap darurat banjir. Hal tersebut dilakukan setelah terjadi bencana banjir sejak beberapa hari.

    "Selama tiga hari penanganan tanggap darurat banjir, kemudian dikeluarkan status tanggap darurat banjir yang ditandatangani oleh bupati," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani, di Mukomuko, Senin, 20 September 2021.

     



    Baca: Polisi Autopsi Kakak Korban Penganiayaan Orang Tua di Gowa

    Dia menjelaskan sebanyak 108 rumah warga Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko sejak Sabtu, 18 September 2021 sampai sekarang masih terendam banjir akibat luapan Sungai Pelokan di daerah ini.

    Ramdani mengungkapkan banjir di Satuan Pemukiman (SP) X sudah mulai surut, sedangkan Desa Rawa Mulya masih terendam banjir.

    Ia memperkirakan saat ini banjir yang merendam ratusan rumah warga di Desa Rawa Mulya hanya surut berkisar 25-30 sentimeter dari tinggi banjir yang semua mencapai satu meter.

    Menurut dia sebanyak 152 kepala keluarga yang berjumlah 428 jiwa yang terdampak banjir di wilayah ini masih membutuhkan pasokan makanan dan minuman dari pemerintah setempat. Pemerintah setempat bekerja sama dengan pemerintah desa menyiapkan makanan bagi ratusan warga yang terdampak banjir.

    "Kami tidak mendirikan dapur umum tetapi kami memanfaatkan rumah warga untuk memasak makanan yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak banjir, tetapi logistiknya dari BPBD," jelasnya.

    Ia mengatakan penyebab banjir yang merendam pemukiman penduduk di wilayah ini salah satunya akibat saluran air yang mengalir tidak lancar ke sungai. Ia mengimbau warga terutama yang tinggal di bantaran sungai di wilayah ini untuk mewaspadai banjir saat musim hujan.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id