comscore

Harga Rapid Tes Antigen di Jepara Belum Turun

Rhobi Shani - 03 September 2021 14:03 WIB
Harga Rapid Tes Antigen di Jepara Belum Turun
Ilustrasi alat rapid test antigen. DOK UD
Jepara: Harga tes rapid antigen di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, masih menggunakan tarif lama, yaitu Rp150 ribu. Padahal, mulai kemarin, 2 September 2021, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengintruksikan untuk menurunkan harga rapid tes antigen.

Kementerian Kesehatan melakukan penyesuaian harga yang diatur dalam Surat Edaran Nomor HK 02.02/I/3065/2021 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Diagnostic Antigen (RDT-Ag) yang ditandatangani Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan pada tanggal 1 September 2021. Berdasar surat tersebut, tarif tes rapid antiges maksimal Rp99 ribu untuk wilayah Jawa dan Bali.
Kepala Bidang (Kabid) Penunjang Medik pada RSUD RA Kartini Jepara, Nur Cholis, mengatakan sampai hari ini tarif rapid tes antigen masih menggunakan tarif lama. Yakni Rp 150 ribu untuk satu kali tes.

“Kita masih pakai tarif lama. Masih Rp 150 ribu. Kita juga baru tahu ada penurunan tarif dari Kemenkes,” ujar Cholis, Jumat, 3 September 2021.

Baca: Harga Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen Turun Jadi Rp99 Ribu

Cholis menjelaskan, saat ini RSUD RA Kartini masih menggunakan reagen lama. Yang harganya masih Rp90 ribuan. Sehingga, jika digabung dengan biaya tes itu, jumlahnya mendekati Rp150 ribu.

“Ada juga yang reagennya paling murah. Harganya sekitar Rp40 ribuan. Tapi tidak tidak ada rekomendasi dari Kemenkes. Jadinya kita beli yang ada bukti rekomendasi dari Kemenkes,” kata Cholis.

Terkait dengan animo masyarakat untuk melakukan tes, Cholis melihat dalam beberapa pekan terakhir justru mengalami penurunan. Untuk rapid tes antigen, rata-rata per hari sebanyak 4 sampai 8 orang. Sedangkan, untuk tes PCR rata-rata 25 orang per hari.


*Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id