Disdukcapil Makassar Sebut Tak Ada WNA Dapat KTP-el

    Muhammad Syawaluddin - 01 Maret 2019 19:56 WIB
    Disdukcapil Makassar Sebut Tak Ada WNA Dapat KTP-el
    Ilustrasi KTP-el/Medcom.id
    Makassar: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar memastikan hingga saat ini tidak ada pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi Warga Negara Asing (WNA).

    "Sejauh ini kita belum lakukan pencetakan kepada WNA," kata Kepala Bidang Kependudukan Dukcapil Makassar Chaidir, saat dihubungi, Jumat, 1 Maret 2019.

    Chaidir menjelaskan bahwa kebanyakan yang diberikan oleh Disdukcapil Makassar untuk WNA adalah surat keterangan tinggal sementara. Jadi untuk WNA pihaknya hanya memberikan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (Kitas).

    Chaidir kembali mengatakana, warga asing di Kota Makassar kebanyakan hanya datang untuk kunjungan atau kerja. Kitas itulah yang mereka gunakan untuk mengurus visa dan passport. 

    "Mereka hanya sementara jadi kita hanya keluarkan Kitas. Kita lebih utamakan WNI dulu," jelas Chaidir.

    Kepemilikan KTP-el bagi WNA memang diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Asalkan mereka memiliki Ijin Tinggal Tetap (ITAP).

    Dalam undang tersebut di pasal 63 ayat 1 mengatakan bahwa Penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP-el.

    Meski bisa memiliki KTP-el, menurut Chaidir WNA tetap tidak memiliki hak untuk memilih. Total WNA di Sulsel sendiri sebanyak 2.581 orang.

    Terdiri dari tenaga kerja asing 255, pengikut (isteri dan anak TKA)/ yayasan perorangan 71, mahasiswa 99, peneliti 4, pemegang ITAP 92, warga binaan pemasyarakatan nihil, dan imigran ilegal 1.873 orang. 



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id