comscore

KAI Daop I Jakarta Catat 12 Titik Rawan Banjir dan Longsor

Antonio - 24 April 2022 06:53 WIB
KAI Daop I Jakarta Catat 12 Titik Rawan Banjir dan Longsor
ilustrasi/Medcom.id
Bekasi: PT KAI Daop I Jakarta mencatat ada sebanyak 12 lokasi daerah rawan banjir, longsor, dan tanah amblas di wilayah setempat. Satu di antaranya ada di wilayah Lemahabang, Kabupaten Bekasi.

"Namun untuk jalur lintas KA Jarak Jauh hanya terdapat 1 daerah rawan banjir yakni di sekitar wilayah Lemahabang," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Sabtu 23 April 2022.
Eva menjelaskan Daop 1 Jakarta telah menyiapkan tim khusus seperti petugas flying gang dan petugas ekstra di sejumlah wilayah. Mereka akan melakukan percepatan penanganan jika terjadi kondisi tertentu. 

"Secara total terdapat sekitar 1190 petugas prasarana jalur rel dan jembatan serta 179 petugas dibagian sinyal dan telekomunikasi yang disiapkan untuk mengawal angkutan lebaran," ujarnya.

Eva juga menyampaikan, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di 29 lokasi termasuk Bekasi pada periode mudik Lebaran, 22 April-13 Mei 2022. AMUS yang disiapkan berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan lainnya.

AMUS itu ditempatkan di lokasi rawan hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblas, dan tanah longsor. Eva menyatakan terdapat sebanyak 29 lokasi Unit Pelaksana Teknis Jalan Rel dan Jembatan yang telah tersedia AMUS di wilayah Daop 1 Jakarta.

Baca: Pasir Semeru Terus Dikeruk, 2 Truk Terjerembap Sulit Dievakuasi

Di antaranya di Rangkasbitung, Tanah Abang, Tanjung Priok, Pasar Senen, Manggarai, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

"Beberapa material yang disiapkan antara lain batu balast 600 m3, kawat bronjong, bantalan kayu, peralatan kerja serta material lainnya yang telah disiapkan di atas gerbong datar untuk penanganan darurat sewaktu-waktu," tutur Eva.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan perawatan dan pemeriksaan sarana dan prasarana secara rutin. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perawatan dengan bertambahnya perjalanan KA di masa Angkutan Lebaran tahun ini hingga 58 KA per hari.

"Daop 1 Jakarta memastikan kondisi jalur benar-benar dalam kondisi baik, seperti lebar jalur, kondisi bantalan, penambat rel, jembatan, wesel, batu balast, normalisasi saluran air, dan perlintasan sebidang," ujar Eva.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id