Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Disiapkan di Malang Raya

    Daviq Umar Al Faruq - 04 Desember 2020 16:28 WIB
    Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Disiapkan di Malang Raya
    ilustrasi Medcom.id
    Malang: Sejumlah rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur, dinyatakan melebihi batas tampung. Pemerintah menyiapkan Rumah Sakit Lapangan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang (Polkesma) untuk rujukan pasien baru.

    Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan, Kohar Hari Santoso, mengatakan sebanyak 306 tempat tidur disediakan untuk pasien terkonfirmasi positif covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Kemudian sebanyak 10 tempat tidur yang disiapkan untuk pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

    "Rumah Sakit Lapangan juga akan diisi oleh sejumlah tenaga medis. Mulai dari dokter spesialis, keperawatan, dokter umum, laboratorium hingga sanitarian. Nanti akan kami lakukan rekrutmen, ambil relawan-relawan. Kapasitas 306 bed," kata kohar saat dikonfirmasi, Jumat, 4 Desember 2020.

    Baca: Pemerintah DIY Tinjau Kelengkapan Fasilitas Prokes di Tempat Wisata

    Kohar menambahkan di Rumah Sakit Lapangan juga bakal disediakan sejumlah fasilitas agar pasien yang terpapar covid-19 dengan gejala ringan dan sedang bisa segera pulih dan kembali beraktivitas. Mulai dari fasilitas gym, taman, jogging track hingga hiburan.

    "Peluang untuk sembuh itu ada dua. Di samping raganya yang telah diberi treatment dengan obat-obatan dan gizi baik, jiwanya juga harus bahagia. Untuk itu, dengan fasilitas tersebut, diharapkan bisa menambah imun dan Insyaallah lebih cepat sembuh," jelasnya.

    Rumah Sakit Lapangan ini sendiri berfungsi untuk membantu pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Sementara itu bila nantinya ditemukan pasien dalam kondisi berat dan butuh perawatan intensif, maka akan segera dievaluasi dan dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang.

    "Di dalam satu kamar terdapat empat tempat tidur dan disediakan dengan teras. Jadi cukup ideal dengan kapasitas tersebut. Apalagi, ada ruang terbuka dan berbagai fasilitas yang ada. Pasien bisa saling berkenalan dan berbahagia bersama," ungkapnya.

    Persiapan Rumah Sakit Lapangan ditargetkan rampung dua minggu ke depan per 1 Desember 2020. Rumah sakit ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban di seluruh rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id