Dinas Pertanian OKU Targetkan Cetak 18.804 Keping Kartu Tani

    Antara - 23 Oktober 2020 00:59 WIB
    Dinas Pertanian OKU Targetkan Cetak 18.804 Keping Kartu Tani
    ilustrasi Medcom.id
    Baturaja: Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, menargetkan mencetak sebanyak 18.804 Kartu Tani pada tahun ini. Pencetakan kartu dilakukan untuk para petani yang sudah terdata untuk mempermudah mendapat pupuk bersubsidi.

    "Target cetak Kartu Tani tahun 2020 sebanyak 18.804 keping," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu, di Baturaja, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Baca: Pemkot Bogor Buka Ruang Belajar Daring untuk Pelajar Tak Mampu

    Dia menjelaskan saat ini tercatat sebanyak 14.235 keping Kartu Tani yang sudah dicetak melalui Bank BNI Baturaja, Kabupaten OKU. Dari jumlah tersebut yang sudah terverifikasi yaitu sebanyak 5.084 keping Kartu Tani.

    Menurutnya Kartu Tani yang sudah dicetak dan terverifikasi tersebut segera dibagikan kepada petani di wilayah setempat guna mempermudah mendapat pupuk bersubsidi. "Selain itu alat EDC juga sudah tersedia di 38 unit pengecer pupuk yang tersebar di Kabupaten OKU," jelasnya.

    Dia menjelaskan petani akan mendapat pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau jika menggunakan kartu tersebut. Petani tinggal membawa Kartu Tani ke agen atau pengecer yang telah ditunjuk untuk mendapat pupuk bersubsidi untuk tanaman.

    Selain itu, Kartu Tani juga berfungsi sebagai kartu debet dan alat transaksi penjualan hasil panen. "Kemudian kartu tani digesek pada mesin EDC di kios untuk melakukan pembelian pupuk subsidi sesuai dengan kebutuhan. Target kami per 1 Januari 2021, seluruh petani harus sudah menggunakan Kartu Tani," jelasnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id