Warga Sultra Diminta Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

    Antara - 13 Februari 2021 13:59 WIB
    Warga Sultra Diminta Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan
    ilustrasi Medcom.id



    Kendari: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan di sejumlah wilayah termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

    Forecaster on Duty BMKG UPT Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, Ekawati Natalia Mulyadi, mengatakan pada pertengahan Februari 2021 sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara diprakirakan berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mm/dasarian).






    "Beberapa wilayah mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mm/dasarian) yaitu sebagian wilayah Konawe, Konawe Utara, Kolaka, Konawe Selatan, Buton Utara, Buton, Baubau, Buton Selatan dan Konawe Kepulauan," kata Ekawati di Kendari, Sabtu, 13 Februari 2021.

    Baca: Pemprov Papua Minta Bupati Selalu Siaga di Daerahnya

    Dia menyampaikan secara umum wilayah Sulawesi Tenggara pada pertengahan Februari 2021 hingga pertengahan Maret 2021 sebagian besar diprakirakan akan mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mm/dasarian).

    Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar wilayah Indonesia (96 persen dari 342 zona nusim) saat ini telah memasuki musim hujan.

    Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan dari analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara.

    "Hal ini disebabkan oleh munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah utara Indonesia sehingga mempengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia," kata Guswanto.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id