Kemenag Solo Dukung Gibran Larang Salat Id di Lapangan

    Triawati Prihatsari - 11 Mei 2021 14:57 WIB
    Kemenag Solo Dukung Gibran Larang Salat Id di Lapangan
    Ilustrasi/Medcom.id



    Solo: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Jawa Tengah, mendukung larangan salat Idulfitri 1442 Hijriah di lapangan atau jalan umum. Hal itu mengakomodasi kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang sudah lebih dulu mengeluarkan aturan tersebut.

    "Dari kementerian juga sudah memerintahkan seperti itu, karena yang mengetahui kondisi masing-masing wilayah ya Pemkot. Jadi kita yang menyesuaikan," ujar Kepala Kantor Kemenag Solo, Hidayat Masykur, di Solo, Selasa, 11 Mei 2021.

     



    Diakuinya, beberapa masjid di Solo mengajukan izin untuk penyelenggaraan salat Idulfitri di lapangan karena masjid dinilai tidak mampu menampung jamaah dengan penerapan jaga jarak. Awalnya, hal itu diperbolehkan oleh Kemenag Solo.

    Namun, keputusan pun berubah. Mereka mempertimbangkan potensi massa lebih banyak jika salat digelar di lapangan.

    "Kalau massa lebih banyak, nanti menuju pada potensi kerumunan. Maka kami melarang salat di lapangan atau jalan umum," simpul Hidayat.

    Baca: 2 Rumah Karantina Covid-19 di Banyumas Penuh

    Selain itu, masjid juga dilarang menyebarkan informasi atau pengumuman terkait pelaksanaan salat Id ini. Pihaknya khawatir hal itu akan mendatangkan jemaah lebih banyak.

    Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyarankan penyelenggaraan salat Id dilaksanakan di masjid lingkungan masing-masing. Pelaksanaan salat wajib menerapkan prokes dan hanya boleh dihadiri warga sekitar masjid atau musala. 

    "Di lapangan ndak boleh ya, di jalan umum apalagi. Pokoknya salat Idulfitri hanya di masjid lingkungan masing-masing dan wajib jaga jarak," kata dia. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id