Duh, 21 Takjil di Kota Tangerang Mengandung Bahan Berbahaya

    Hendrik Simorangkir - 01 Mei 2021 17:17 WIB
    Duh, 21 Takjil di Kota Tangerang Mengandung Bahan Berbahaya
    Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Banten menemukan 21 sampel makanan takjil mengandung bahan kimia atau pun bakteri berbahaya. (Medcom.id/Hendrik S)



    Tangerang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, menemukan 21 sampel takjil mengandung bahan kimia serta bakteri berbahaya. Hal itu ditemukan dari pengecekan di 13 kecamatan dengan mengambil 401 sampel yang di-screening cepat.

    "Untuk sampel yang ditemukan adanya kandungan berbahaya, didominasi jenis takjil berbagai tahu. Selain itu, juga ditemukan pada kikil, seblak, pacar cina, hingga lumpia," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Tangerang, Harmayani, Sabtu, 1 Mei 2021.

     



    Harmayani mengatakan, setiap kecamatan diambil 25 hingga 40 sampel oleh petugas puskesmas melalui pendampingan pihak kecamatan dan kelurahan setempat. Sampel yang diambil mulai dari bakso, pacar cina dan berbagai jenis takjil lainnya.

    Baca: Ratusan Buruh di Jombang Keracunan Makanan Berbuka Puasa

    "Pengambilan sampel kita fokuskan pada titik-titik keramaian jajanan takjil di Kota Tangerang. Hal ini kita lakukan, sebagai tanggung jawab pemerintah melalui Dinkes untuk melakukan pembinaan dan pengawasan pangan," terangnya.

    Dia menuturkan, 21 sampel itu akan didalami kandungan kimia dan bakterinya di UPT Labkesda Kota Tangerang. Pihaknya akan melakukan tindak lanjut persuasif, berupa pembinaan dan edukasi kepada pedagang yang bersangkutan.

    "Pada pembinaan atau proses edukasi, Dinkes akan memberitahu bahaya terparah akan kandungan kimia yang mereka pakai. Selain itu, Dinkes akan memberikan pemaparan jenis bahan pengganti yang aman atau layak untuk dimakan konsumen," jelasnya.

    Harmayani menambahkan, pengecekan kualitas makanan akan dilakukan secara rutin per-tiga hingga enam bulan sekali. Hal itu, sebagai bentuk pertanggungjawaban dan pembaharuan data pangan yang beredar di Kota Tangerang.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id