Tradisi yang Berubah Karena Pandemi

    Medcom - 01 Agustus 2020 19:18 WIB
    Tradisi yang Berubah Karena Pandemi
    ilustrasi Medcom.id
    Tangerang: Sayup-sayup suara takbir dari masjid terdengar hingga kediaman Siti Anisah di Tangerang Selatan, Banten. Biasanya jelang hari Idulfitri dan Iduladha seperti ini dirinya selalu menyempatkan diri pulang ke kampung halaman di Jombang, Jawa Timur.

    "Sebenarnya jauh-jauh hari sudah sempat beli tiket mudik buat lebaran ini. Tapi tiba-tiba ada covid-19 dan pemerintah melarang kita buat pulang kampung jadi kita harus mematuhinya," kata Siti di Tangerang Selatan, Sabtu, 1 Agustus 2020.

    Baca: Puncak Kemarau di Yogyakarta Diprediksi pada Akhir Agustus

    Siti mengaku sangat merindukan suasana lebaran di kampung halamanya. Kini jangankan pulang ke kampung halaman, untuk melakukan takbiran dalam upaya mengucapkan rasa syukur jelang hari raya pun dirinya terpaksa melakukanya di rumah.

    "Lebaran yang biasanya takbiran dan sholat ied di masjid sekarang harus dilakukan di rumah. Yang jadi Imam anak sendiri, khutbah juga sendiri jadi sangat berbeda dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya. Ini Karena covid-19," jelas Siti.

    Selain Siti, Ita yang berasal dari Jakarta Timur juga mengalami perubahan tradisi jelang lebaran. Bedanya jika Siti tidak bisa pulang ke kampung halaman, Ita justru sibuk menelpon sanak saudara untuk tidak datang ke rumahnya untuk bersilaturahmi.

    Dirinya yang kini tinggal dengan kedua orang tua yang sudah renta memilih untuk tidak menerima tamu saat lebaran demi menjaga orang tuanya.

    "Bapak sama ibu itu kan sudah usia renta, jadi saya tidak terima tamu saat lebaran. Bukannya saya melarang keluarga lain main ke rumah saat lebaran, tapi kita juga harus melihat kondisi karna covid-19," ungkap Ita.

    Siti dan Ita menjadi sedikit potret cerita kondisi perubahan tradisi masyarakat muslim di tanah air yang terekam dalam program merekam dari rumah saling menjaga yang diadakan oleh Eagle Institute Indonesia (EII).

    Cerita lengkap Siti Anisah dan Ita tersebut bisa dilihat dalam program dokumenter Melihat Indonesia dengan judul Mengubah Tradisi yang tayang di Metro TV pada pukul 10.30 WIB, Minggu 2 Agustus 2020.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id