Cerita Petugas Kebersihan KRL Temukan Uang Rp500 Juta

    Antara - 10 Juli 2020 09:50 WIB
    Cerita Petugas Kebersihan KRL Temukan Uang Rp500 Juta
    Ilustrasi--Penumpang KRL Commuter Line. (Foto: MI/Bary Fathahilah)
    Bogor: Petugas kebersihan kereta rel listrik (KRL), Mujenih, 30, bercerita tentang pengalamannya menemukan setumpuk uang dalam kantong plastik hitam di gerbong kereta, pada Senin, 6 Juli 2020. Sempat mengira berisi sampah, ia tak menyangka bahwa benda yang teronggok di bawah kursi prioritas itu uang Rp500 juta.

    "Di gerbong tiga dari belakang, ada di bawah kursi prioritas. Sempat ditendang-tendang, dikira itu sampah," tuturnya, melansir Antara, Kamis, 9 Juli 2020.

    Ia menerangkan uang berisi pecahan Rp100 ribu itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, saat ia mengepel lantai KRL jurusan Jakarta-Bogor yang baru saja tiba di Stasiun Bogor.

    Menurutnya, sebelum mengetahui kantong plastik itu berisi uang, tak satupun penumpang KRL yang lalu lalang menaruh perhatian. 

    Baca juga: Dua Pasar di Bantul Ditutup Sementara

    "Awalnya saya lagi kerja, terus kata (petugas) keamanan ada bungkusan, sampah atau apa ya, saya buka berdua sama dia. Pas liat, saya langsung kembalikan saja ke PS (passenger service) Stasiun Bogor," terang pria yang sudah tiga tahun bekerja di PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) itu.

    Mujenih mengaku tak kaget ketika menemukan uang Rp500 juta. Ia berpendapat uang tersebut merupakan hak orang lain yang harus dikembalikan.

    Usai diserahkan ke PS Stasiun Bogor, sekitar 10 menit setelahnya, si empunya uang datang. Rupanya, pemilik uang setengah miliar itu seorang laki-laki paruh baya.

    "Milik orang tua, sudah sepuh. Tapi saya enggak sempat foto cuma ketemu di depan pintu PS Stasiun Bogor," ungkapnya.

    Baca juga: Jenazah ABK WNI Disimpan di Freezer Kapal Ikan Tiongkok

    Sementara itu PT Kereta Commuter Indonesia memastikan telah mengembalikan uang tunai senilai Rp500 juta yang ditemukan oleh petugas kebersihan do salah satu rangkaian KRL.

    “PT KCI setiap harinya selalu mengembalikan barang apa pun yang tertinggal dan ditemukan di dalam KRL. Barang-barang ini dicatat dalam aplikasi lost and found,” kata Vice President Corporate Communications KCI Anne Purba.

    Dia menambahkan laporan barang tertinggal juga dicatat dan dicocokkan melalui aplikasi yang sama.

    “Seluruh petugas bekerja bukan karena nilainya Rp500 juta. Tapi apa pun barang yang ditemukan akan kami follow up melalui sistem lost and found ini,” jelas dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id