RSUD Meuraxa Jadi Rujukan Penanganan Korona

    Fajri Fatmawati - 25 Maret 2020 16:55 WIB
    RSUD Meuraxa Jadi Rujukan Penanganan Korona
    Ket: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Banda Aceh. (Foto: istimewa)
    Banda Aceh: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Banda Aceh, Aceh, ditetapkan menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan virus korona (covid-19). RSUD Meuraxa disebut memiliki kapasitas untuk menangani pasien Covid-19.

    "Dalam tempo waktu yang sesingkat-singkatnya RSUD Meuraxa akan dapat segera difungsikan sebagai rumah sakit rujukan pasien covid-19," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman , Rabu, 25 Maret 2020.

    Penetapan rumah sakit milik Pemerintah Kota Banda Aceh tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Aceh Nomor 440/972/2020 tanggal 23 Maret 2020. Selain RSUD Meuraxa, juga ditunjuk 10 rumah sakit rujukan korona yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

    "Kami siap menjalankan instruksi Pak Gubernur, dan saya sudah perintahkan Direktur RSUD Meuraxa untuk mempersiapkan segala yang dibutuhkan," ujar dia.

    Baca: pdate: Positif Covid-19 Bertambah Jadi 790 Orang, 58 Meninggal

    Sementara itu, Direktur RSUD Meuraxa, Puziati, mengatakan pihaknya siap menjadi rumah sakit rujukan penyakit virus korona. Pihaknya segera mempersiapkan laboraturium dan tenaga laboran yang terlatih.

    "Juga menyiapkan alat untuk mengambil spesimen, dan box untuk penyimpanan dan pengiriman spesimen." ucapnya.

    RSUD Meuraxa juga butuh waktu untuk merenvasi ruang rawat pasien covid-19, ruang isolasi, dan RICU. Serta penambahan tenaga perawat terlatih dan radiografer.

    "Kami juga harus menambah alat pelindung diri (APD), antiseptik, dan kebutuhan obat-obatan dan Bahan Habis Pakai Medis (BHPM) untuk penanganan pasien suspect atau yang sudah positif covid-19," jelas dia.

    Adapun 10 rumah sakit lain yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan covid-19 di Aceh syakni, RSUD Tgk Chik Ditiro, Pidie, RSUD dr Fauziah, Bireuen, RSUD Kota Langsa, dan RSUD Datu Beru, Aceh Tengah. 

    Kemudian, RSUD SIM, Nagan Raya, RSUD Teungku Pekan, Abdya, RSUD Tgk Zubir Mahmud, Aceh Timur, RSUD Gayo Lues, RSUD Sahuddin, Aceh Tenggara, dan RSUD dr H Yuliddin Away, Aceh Selatan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id