Positif Covid-19 di Brebes Bertambah 7 Orang

    Kuntoro Tayubi - 14 Mei 2020 17:05 WIB
    Positif Covid-19 di Brebes Bertambah 7 Orang
    Ilustrasi: Medcom.id
    Brebes:  Sebanyak tujuh warga Brebes, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif covid-19 (korona) dari hasil pemeriksaan tes swab. Total yang positif covid-19 di Kabupaten Brebes per Kamis, 14 Mei 2020 menjadi 24 orang.

    “Tujuh orang yang positif tersebut berasal dari klaster Itijma Gowa Sulawesi Selatan sebanyak 5 orang dan 2 orang dari nonklaster Gowa,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit RSUD Brebes, Imam Budi Santoso, Kamis, 14 Mei 2020.

    Budi menjelaskan, ketujuh orang yang positif tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG). Satu orang positif berada di RS Siaga Medika Banyumas. Sementara enam orang lainnya masih dikoordinasikan apakah dirawat atau dikarantina.

    Sebelumnya 13 dari 17 orang yang dinyatakan negatif dari pemeriksaan swab kedua, masih akan menjalani test ketiga untuk memastikan kesembuhannya. Mereka adalah 12 orang alumni klaster Gowa, dan seorang pemudik positif covid-19. 

    “Untuk menyatakan seorang pasien positif covid-19 sembuh, harus dua kali uji test swab dan hasilnya negatif. Setelah itu pasien baru bisa dinyatakan sembuh atau boleh pulang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono.

    Bupati Brebes Idza Priyanti menetapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). PKM berlaku selama 28 hari ke depan terhitung mulai 6 Mei 2020. Langkah ini ditempuh untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Brebes.

    “Pemkab tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hanya PKM seperti yang sudah dilaksanakan di Kota Semarang,” ujar Idza.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id