Riau Tetapkan Siaga Darurat Kahutla

    Antara - 16 Februari 2021 06:20 WIB
    Riau Tetapkan Siaga Darurat Kahutla
    Petugas masih berupaya memadamkan api di Desa Muara Medak, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel. Foto: Humas BPBD Sumsel


    Riau: Gubernur Riau, Syamsuar, menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terhitung berlaku sejak 15 Februari hingga 31 Oktober 2021.

    Penetapan status siaga darurat demi mengantisipasi terulangnya bencana kabut asap itu dilakukan dalam rapat koordinasi Karhutla secara daring bersama kepala daerah se-Riau di gedung daerah Balai Serindit.


    "Diharapkan dengan penetapan status siaga darurat Karhutla, pencegahan pada musim kemarau dapat dilakukan sedari awal," kata Syamsuar dalam rapat daring, Senin, 15 Februari 2021.

    Baca: Angka Kemiskinan di Sulsel Naik

    Dia menjelaskan penetapan status siaga darurat Karhutla Riau merupakan langkah antisipasi secara dini untuk mengatasi karhutla. Apalagi syarat penetapan siaga darurat Karhutla tingkat provinsi telah terpenuhi dengan adanya dua kabupaten dan kota yakni Bengkalis, dan Dumai yang telah terlebih dahulu menetapkan status serupa.

    Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengatakan pada pekan kedua Februari 2021 diketahui sejumlah wilayah di Riau sudah mulai dilanda Karhutla.

    Dari hasil laporan yang diterima oleh BPBD Riau, hingga saat ini terdapat empat daerah di Riau yang sudah ditemukan Karhutla yaitu Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, dan Siak.

    "Dari empat daerah itu dua sudah menetapkan status siaga, dan besok akan menyusul Rokan Hilir juga akan menetapkan status siaga darurat Karhutla," ungkap Edwar.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id