Dilarang Mudik, Jam Operasional Bandara Adi Soemarmo Dipangkas

    Triawati Prihatsari - 04 Mei 2021 14:52 WIB
    Dilarang Mudik, Jam Operasional Bandara Adi Soemarmo Dipangkas
    Penumpang menaiki pesawat di Bandara Adisumarmo, Solo. Foto: Antara/Andika Betha



    Solo: Bandara Adi Soemarmo Solo memangkas jam operasional selama penerapan peniadaan pemudik mulai 6 Mei 2021. Semula sembilan jam, menjadi delapan jam.

    "Awalnya operasional mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Kemudian berdasarkan koordinasi, selama peniadaan pemudik dipangkas mulai operasional pukul 09.00-17.00," ujar General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Yani Ajat Hermawan, di Solo, Selasa, 4 Mei 2021.






    Meskipun jam operasional dipangkas, dia memastikan operasional maskapai penerbangan tetap dilaksanakan. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi kepentingan operasional penerbangan kargo, keperluan khusus, serta perjalanan non mudik.

    Baca: Tes Covid-19 di Bandara Soetta Dipastikan Memenuhi Standar Kemenkes

    Sementara itu, calon penumpang pesawat selama periode 6-17 Mei 2021 wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan. Pasalnya, perjalanan calon penumpang tujuan mudik tidak akan diberikan izin.

    "Misalnya yang punya keperluan khusus dan non mudik harus sesuai dengan persyaratan yang dikeluarkan oleh daerah kepada pelaku perjalanan. Kalau perjalanan dinas maka dari atasannya, kalau masyarakat biasa, harus ada izin dari kelurahan dari tempat dia berangkat," imbuhnya.

    Sementara itu, dari sisi jumlah penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo Solo saat ini sudah mulai menunjukkan adanya kenaikan. Biasanya, Bandara Adi Soemarmo Solo mencatatkan jumlah penumpang baik datang dan pergi berada di kisaran angka 1.000 hingga 1.100 penumpang per hari.

    Baca: Catat! Mulai Besok Jadwal Kereta Bandara Soetta Berubah

    "Jumlah itu untuk hari biasa. Kenaikan untuk jelang mudik ini sudah terlihat mulai Minggu, 2 Mei 2021 lalu. Jumlah penumpang tercatat sekitar 1.800 orang dalam satu hari," ungkapnya.

    Di sisi lain, jumlah penerbangan di bandara tersebut belum mengalami perubahan. Jumlah penerbangan masih di angka 12 hingga 16 penerbangan per hari.

    "Untuk perubahan jam operasional ini sudah kami sosialisasikan ke stakeholder terkait. Jam operasional mereka menyesuaikan jam operasional bandara," terangnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id