Tanggul Kali Angke Jebol, Warga Was-was Kebanjiran

    Hendrik Simorangkir - 30 Oktober 2020 18:08 WIB
    Tanggul Kali Angke Jebol, Warga Was-was Kebanjiran
    Warga Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang khawatir banjir dari tanggul yang jebol. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
    Tangerang: Tanggul Kali Angke jebol sekitar lima meter di Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten. Amblasnya tanggul bersamaan dengan musim penghujan membuat warga sekitar khawatir bakal terjadi banjir. 

    Salah satu warga, Asmadi, mengatakan jebolnya tanggul yang tepat berada di dekat kolong Tol Jakarta-Tangerang itu lantaran tidak kuat menahan derasnya tekanan air saat banjir awal 2020 lalu.

    "Kami khawatir, karena kan sekarang sudah memasuki musim penghujan," ucap Asmadi, Jum'at, 30 Oktober 2020. 

    Asmadi menjelaskan banjir setinggi 50 sentimeter hingga satu meter menghantui warga. Terlebih pada bencana banjir sebelumnya merendam ribuan rumah yang dihuni 1.500 kepala keluarga di lima rukun warga (RW), yakni RW 1, 2, 3, 4, dan 7.

    Baca juga: Pekalongan Normalisasi Sungai Antisipasi Banjir

    "Saat itu, air mengalir deras menuju kawasan permukiman warga. Ada lima RW yang terdampak saat banjir awal tahun kemarin," ungkapnya.

    Asmadi menyatakan dengan swadaya saat ini warga sudah membuat tanggul sementara dengan karung berisikan pasir. Namun, ia meminta pemerintah untuk memperbaiki tanggul tersebut. 

    Mengingat, lanjutnya, puncak musim penghujan baru bakal terjadi beberapa bulan ke depan. Apalagi, wilayah Kota Tangerang bakal terdampak fenomena La Nina. 

    "Ya kami meminta, pemerintah untuk segera memperbaiki tanggul ini. Karena sebentar lagi kan puncak musim hujan," jelasnya. 


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id