Santri Positif Covid-19 di Sleman Jadi 153

    Ahmad Mustaqim - 13 Oktober 2020 22:40 WIB
    Santri Positif Covid-19 di Sleman Jadi 153
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Kasus penularan covid-19 di pondok pesantren (ponpes) wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi 153. Jumlah kasus ini masih tersebar di tiga ponpes; dua di Kecamatan Ngaglik dan satu ponpes di Kecamatan Prambanan.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, menuturkan semula jumlah kasus berada pada angka 122. Jumlah itu lantas bertambah menyusul pengembangan penelusuran kasus.

    "Kasus tambahan terbaru itu ada 23, di salah satu ponpes di (Kecamatan) Ngaglik sehingga jumlahnya jadi 135," kata Joko saat dihubungi, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Baca: 94 Daerah Bertahan Jadi Zona Oranye Tanpa Perbaikan

    Joko mengatakan penelusuran kontak erat pada setiap kasus telah menjangkau sekitar 700 santri dan pengajar. Ia mengatakan ratusan santri itu mulanya wajib jalani rapid test.

    Menurut Joko, mereka dengan reaktif hasil rapid tes berlanjut tes usap. Hasil tes usap itu kemudian diketahui puluhan kasus baru. "Mayoritas (yang positif covid-19 dialami) santri, hanya satu (kasus) terakhir ada pengasuh," jelas Joko.

    Dari ratusan kasus, kata Joko, didominasi alami gejala ringan. Sejumlah gejala ringan itu yakni tak berfungsinya indera perasa dan pembau. Selain itu Joko memperkirakan ada 20 persen kasus tanpa gejala.

    Ia menambahkan pemerintah masih mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di ponpes yang ditemuan kasus penularan covid-19. KBM tatap muka dilarang untuk sementara.

    "Dari 145 (ponpes) ada 19 ponpes dapar rekomendasi (KBM tatap muka. Untuk yang muncul kasus tidak dipulangkan santrinya. Masih dikaji," ujarnya.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id