Tes Usap Covid-19 di NTT Gratis

    Antara - 16 Oktober 2020 10:55 WIB
    Tes Usap Covid-19 di NTT Gratis
    Ilustrasi. Medcom.id
    Kupang: Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat mengatakan, mulai Jumat, 16 Oktober 2020, pemerintah provinsi menggratiskan layanan pemeriksaan rapid tes dan swab tes untuk mendeteksi penularan covid-19. Surat Keputusan Gubernur mengenai penyediaan layanan tes cepat dan pemeriksaan usap gratis telah ditangdatangani.  

    "Kemarin saya sudah panggil beberapa pihak, mulai dari pihak Universitas Nusa Cendana, untuk mulai hitung-hitung dan saya rasa kalau hanya rugi beberapa saja tidak apa-apalah," kata Viktor, melansir Antara, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Ia mengatakan, penyediaan layanan pemeriksaan gratis tersebut akan membantu masyarakat NTT, khususnya mereka yang akan melakukan perjalanan keluar daerah. Terlebih, imbuh dia, pada Desember banyak pelajar kembali berkuliah di luar NTT.

    Baca: Limbah Medis Berisi Alat Rapid Tes Dibuang ke Sungai di Pagar Alam

    "Tentu mereka membutuhkan banyak biaya, jadi kita tak ingin membebani mereka," ujarnya.

    Dia mengatakan, bahwa layanan pemeriksaan covid-19 gratis tidak hanya disediakan bagi warga dengan kartu tanda penduduk NTT. Melainkan juga berlaku untuk warga lainnya, yang tidak mampu.

    "Jika ada yang ke NTT, kalau mereka tidak mampu ya boleh saja mereka rapid test atau swab test gratis," ungkapnya.

    Sementara itu, dia mengapresiasi upaya Universitas Nusa Cendana Kupang melakukan riset dan mengubah klinik pratamanya menjadi laboratorium biomolekuler. Sehingga bisa mendukung kegiatan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan covid-19.

    Pemerintah melalui Satgas covid-19 atau #satgascovid19 terus menyosialisasikan #ingatpesanibu yakni jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakai masker, #jagajarak dan #hindarikerumunan serta #cucitangan #cucitanganpakaisabun
     

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id