Kades Lobuk Bakal Datangkan Penyelam Cari 3 ABK KM Berhasil

    Rahmatullah - 22 Februari 2021 10:40 WIB
    Kades Lobuk Bakal Datangkan Penyelam Cari 3 ABK KM Berhasil
    ilustrasi Medcom.id
    Sumenep: Meski Basarnas telah menghentikan pencarian terhadap tiga anak buah kapal (ABK) KM Berhasil 2, namun pihak Pemerintah Desa Lobuk, Kecakatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, tetap mengupayakan menemukan korban dengan mendatangkan penyelam.

    "Memang sementara dihentikan. Upaya terakhir kita nanti akan mengundang penyelam. Mudah-mudahan pihak (Pemerintah) kabupaten bisa mengerti kami untuk bisa menghubungi angkatan laut Jawa Timur," kata Kepala Desa Lobuk, Mohammad Saleh, Senin, 22 Februari 2021.

    Ia mengatakan, upaya menyelami bangkap KM Berhasil 2 untuk memastikan dugaan ada korban di bangkai kapal. Sebab jika tidak dilakukan, pihaknya merasa memiliki hutang moral kepada keluarga korban.

    "Karena dugaan ada sebagian korban ada di bangkai kapal. Kalau ada upaya penyelaman dan nanti ada tidaknya korban setidaknya kami tidak punya hutang moral," ungkapnya.

    Baca: Pencarian 3 Nelayan KM Berhasil Dihentikan

    Saleh melanjutkan, sebelumnya ia sudah berupaya melakukan penyelaman namun dengan cara tradisional dan itu tidak bisa menjangkau dasar laut. Sehingga upaya mendatangkan penyelam profesional dengan peralatan lengkap penting dilakukan.

    Upaya menyelami bangkai kapal menjadi langkah terakhir untuk mengetahui keberadaan tiga ABK KM Berhasil 2 yang sudah sepekan dinyatakan hilang. Dia menerangkan, kedalaman mencapai 40 meter.

    "Jadi kami mohon pengertiannya dari Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait," ucap Saleh.

    KM Berhasil 2 tenggelam di perairan Pulau Giliraja, Kabupten Sumenep pada 15 Februari 2021 akibat dihantam ombak besar. Dari 17 ABK, 3 orang nelayan dinyatakan hilang dan belasan lainnya selamat.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id