Populer Daerah, Pertumbuhan Magma Merapi hingga Potensi Gempa Sultra

    Lukman Diah Sari - 24 Januari 2021 07:52 WIB
    Populer Daerah, Pertumbuhan Magma Merapi hingga Potensi Gempa Sultra
    Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.


    Jakarta: Sejumlah berita di daerah pada Sabtu, 23 Januari 2021, menarik perhatian publik. Pertama perihal pertumbuhan kubah lava di puncak Gunung Merapi.

    Kedua, perihal potensi gempa di Sulawesi Tenggara. Terakhir, ialah perihal terduga teroris jaringan ISIS yang hendak melakukan aksi teror di Aceh.
     
    Berikut berita populer di daerah pada Sabtu, 23 Januari 2021:




    1. Pertumbuhan Kubah Lava Merapi Meningkat Dua Kali Lipat

    Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat terjadi penambahan kubah lava di puncak Gunung Merapi secara signifikan. Selain itu, laju pertumbuhan magma meningkat dua kali lipat ketimbang pekan lalu.
     
    "Jumlah kubah lava 21 Januari sebanyak 104.000 meter kubik," kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaida dalam konferensi pers daring, Jumat, 22 Januari 2021.
     
    Volume ini meningkat ketimbang pekan lalu, yang dalam posisi 85 ribu meter kubik. Penambahan kubah lava per hari pekan lalu rata-rata 8,6 ribu meter kubik.

    Selengkapnya baca di sini.

    2. Warga Sulawesi Tenggara Diminta Waspada Potensi Gempa

    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) meminta warga waspada potensi terjadinya gempa di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun, potensi gempa masih dalam skala kecil.
     
    "Potensi gempa tetap ada hanya saja semoga tidak besar, karena sepengetahuan kami gempa itu semakin sering terjadi magnitudonya semakin kecil," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kendari Rudin di Kendari, Sabtu, 23 Januari 2021.
     
    Ia menyampaikan, potensi gempa di Sulawesi Tenggara berskala kecil karena wilayah tersebut berada pada segmen sesar mendatar. sehingga hanya dapat membuat gempa dengan kekuatan kecil.

    Selengkapnya baca di sini.

    3. Terduga Teroris yang Ditangkap Hendak Beraksi di Aceh

    Lima terduga teroris ditangkap di Aceh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Para terduga teroris itu hendak melakukan aksi teror di Serambi Makkah.
     
    "Target mereka ini rencana akan melakukan aksi teror di wilayah Aceh," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardi, Sabtu, 23 Januari 2021.
     
    Winardi mengatakan, berdasarkan hasil yang diperoleh dari Densus 88 bahwa disinyalir ada beberapa lokasi sasaran di Aceh yang menjadi target terduga teroris. Target aksi teror ditujukan ke TNI/Polri dan pemerintah.

    Selengkapnya baca di sini.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id