Sederet Bencana yang Melanda Manado Akibat Cuaca Ekstrem

    Amanda Komaling - 23 Januari 2021 00:51 WIB
    Sederet Bencana yang Melanda Manado Akibat Cuaca Ekstrem
    Bencana akibat cuaca ekstrem di Manado, Jumat, 22 Januari 2021. Foto: Metro TV/Amanda Komaling
    Manado: Bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang kembali terjadi di Kota Manado, Sulawesi Utara, akibat cuaca ekstrem. Curah hujan tinggi mengguyur Manado sejak pukul 11.30 WITA, Jumat, 22 Januari 2021.

    Dari pantauan di lapangan sejak sore hingga malam hari, selain genangan air dengan ketinggian bervariasi di beberapa ruas jalan, banjir merendam sebagian besar wilayah Kota Manado. Aparat gabungan diturunkan ke berbagai titik.

    Komandan Kodim 1309/Manado Kolonel (Inf) Johanes Raymond Raja Sulung Purba telah memerintahkan para danramil dan jajarannya memonitor wilayah. Prajurit diinstruksikan membantu serta mengimbau warga agar tetap waspada 

    "Menghimbau warga agar mengungsi ke tempat yang tinggi dan aman dan tetap menjaga faktor keamanan dan keselamatan personel saat membantu warga," kata Dandim.

    Baca: BMKG Ungkap Penyebab Banjir-Longsor di Sulut

    Dari hasil pantauan, wilayah yang terkena dampak banjir, yakni di Asrama Sapta Marga VIII (APT), Lingkungan I, Kelurahan Sario Tumpaan, Kecamatan Sario, dengan ketinggian air sekitar 40 cm. Di Pasar Pinasungkulan, Kelurahan Karombasan, Kecamatan Wanea, ketinggian air sekitar 40 cm bahkan sampai meredam bus-bus antarkota yang sedang parkir.

    Di Jaga 6 dan Jaga 8 Desa Sea Satu, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, ketinggian air sekira satu sampai dengan dua meter. Begitu juga di Kelurahan Karombasan Selatan, Kecamatan Wanea, ketinggian air mencapai satu meter. 

    Di Kelurahan Ketang Baru dan Kelurahan Karame, banjir setinggi satu meter meredam rumah warga. Di Kelurahan Titiwungen Selatan, Lingkungan I, air setinggi dua meter meredam rumah warga.

    Ketinggan air sekira 1,5 cm menggenangi rumah warga di Kelurahan Sario Utara dan Sario Kota Baru. Di jalan Hasanudin, Kelurahan Tuminting, Lingkungan II, dan Kelurahan Bitung Karang Ria, Lingkungan III, Kecamatan Tuminting, ketinggian air sekitar 50 cm.

    Banjir juga terjadi di Kelurahan Teling Atas, Kelurahan Tingkulu, Lingkungan VII, Kecamatan Wanea, Kelurahan Taas, Kelurahan Paal 4, Kecamatan Paal Dua. Di Kelurahan Ternate Tanjung Lingkungan I-II, Kecamatan Singkil, ketinggian air mencapai 120 cm. Di Kelurahan Sumompo, Lingkungan I, Kecamatan Tuminting, ketinggian air mencapai 60 cm, sedangkan di  Kelurahan Mahau lingkungan I, II, IV, Kecamatan Tuminting, air setinggi satu meter.

    Di Kelurahan Bailang, Lingkungan I, IV, dan VKecamatan Bunaken Darat, ketinggian air mencapai satu meter, dan di Kelurahan Maasing Lingkungan I, III, dan IV, Kecamatan Tuminting, air setinggi 50 cm. Di Kelurahan Komo Luar, Lingkungan I-III, ketinggian air mencapai satu sampai dua meter. Banjir juga terjadi di Kelurahan Dendengan Dalam, Kelurahan Komo Dalam, Tikala Ares, di depan Kantor Wali Kota Manado dan depan SPBU Tikala dengan ketinggian mencapai 50 cm.

    Bencana tanah longsor terjadi di Kelurahan Winangun Satu Lingkungan III sampai menutup akses jalan Manado-Tomohon. Di Desa Sawangan Jaga I, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, tanah longsor menimpa dapur rumah milik keluarga Marselina Manopo. Di Kelurahan Tingkulu Lingkungan VI, Kecamatan Wanea, satu rumah rusak. Di Desa Lotta Jaga I, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, tanah longsor menimpa rumah keluarga Wena Pinontoa.

    Di Kelurahan Tingkulu, Lingkungan III, Kecamatan Wanea, satu rumah rusak, di Kelurahan Ranotana Weru, Lingkungan X, Kecamatan Wanea, satu rumah rusak. Selain itu, longsor terjadi di Desa Warembungan yang menghubungkan Desa Sea jaga 4 Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

    Pohon tumbang terjadi di ruas Jalan Manado-Tomohon, Kelurahan Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, yang menyebabkan arus lalu lintas terhambat. Sampai saat ini belum ada laporan terkait korban jiwa. Curah hujan sudah berangsur-angsur mereda dan air sudah mulai surut.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id