Kasus Positif Covid-19 di DIY Meluas

    Ahmad Mustaqim - 08 Januari 2021 16:31 WIB
    Kasus Positif Covid-19 di DIY Meluas
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Kasus penyebaran dan penularan covid-19 di Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) meluas. Libur akhir tahun pun disebut tidak berkontribusi menambah kasus covid-19 di DIY.

    “(Penambahan kasus) bukan karena liburan akhir tahun. Liburan akhir tahun tidak memberikan kontribusi signifikan karena penularan memang sudah sangat meluas di DIY,” kata Epidemolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Riris Andono Ahmad dihubungi, Jumat, 8 Januari 2021.

    Data Pemerintah DIY menunjukkan sejumlah parameter yang layak menjadi perhatian. Salah satu parameter itu yakni okupansi tempat tidur pasien sekitar 90 persen. Angka ini terbilang tinggi, meskipun pemerintah setempat menyebut terus berupaya menambah tempat tidur.

    Kemudian, rata-rata penambahan kasus berada pada angka 28 persen yang menandakan penyebaran virus belum terkendali. Angka penambahan kasus positif covid-19 dari hari ke hari terus alami peningkatan jumlah harian.

    Baca: GeNose Diharap Masuk dalam Sistem Deteksi Covid-19

    Terbaru, konfirmasi kasus positif di DIY bertambah 379 hari ini. Jumlah ini kembali melampaui jumlah kasus baru kemarin, 355 kasus. Bahkan penambahan kasus kemarin masuk peringkat 7 tertinggi nasional.

    “Penambahan kasus konfirmasi covid-19 di DIY hari ini sebanyak 379 kasus, sehingga total kasus menjadi 14.346,” kata juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih.

    Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta menjadi wilayah dengan penambahan kasus terbanyak, yakni 146 dan 109. Kemudian menyusul Kabupaten Bantul 99 kasus, Kabupaten Kulon Progo 22 kasus, dan Kabupaten Gunungkidul 3 kasus.

    Sementara itu, penambahan kasus sembuh sebanyak 148 kasus, sehingga total sembuh menjadi 9.521 kasus. Adapun pasien covid-19 yang meninggal bertambah tujuh sehingga jumlah total kasus covid-19 meninggal menjadi 308 kasus.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id