Puluhan Ibu Hamil di Jatim Positif Covid-19

    Amaluddin - 29 Juni 2020 22:50 WIB
    Puluhan Ibu Hamil di Jatim Positif Covid-19
    Ilustrasi (Foto: Pixels)
    Surabaya: Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, menyebut ada 35 ibu hamil positif covid-19. Mereka dirawat di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

    "Saking banyaknya, akhirnya persalinan yang ada di kita itu kita namakan persalinan covid-19. Sementara ibu hamil yang tidak covid-19 dilayani di rumah sakit lain," kata Joni, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, 29 Juni 2020.

    Joni bersyukur, hingga saat ini belum ada pasien hamil positif covid-19 meninggal, dan semuanya dalam kondisi sehat hingga bisa pulang ke rumahnya. Dari 35 pasien itu, tersisa tujuh ibu hamil positif covid-19 yang dirawat di RSUD Dr. Soetomo. 

    "Alhamdulillah tidak ada yang meninggal, dan Alhamdulillah sampai detik ini juga belum ada bayinya yang positif covid-19. Mudah-mudahan tidak ada yang meninggal," ujarnya.

    Baca: Ibu Hamil Baiknya Melakukan PCR atau Rapid Test?

    Mengingat banyaknya ibu hamil positif covid-19 yang masuk ke RSUD dr. Soetomo, Joni  mencoba berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

    Staf Medis Fungsional (SMF) sepakat menentukan rumah sakit rujukan utama untuk ibu hamil positif covid-19. Rumah sakit yang dipilih adalah Tropical Infectious Disease Hospital (RSPTI) milik Universitas Airlangga.

    "Kita tetapkan bersama RSPTI Unair akan menjadi rujukan utama untuk persalinan dengan covid-19. Sedang dipersiapkan saat ini, mudah-mudahan minggu-minggu ini selesai. Karena kalau pasiennaya banyak, apalagi kalau kita sudah overload, pasti tidak maksimal dalam melayani," kata Joni.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id