Berita Populer Daerah, Tewasnya Siswa Akibat Susur Sungai hingga Banjir yang Tak Kunjung Surut

    Lukman Diah Sari - 23 Februari 2020 09:22 WIB
    Berita Populer Daerah, Tewasnya Siswa Akibat Susur Sungai hingga Banjir yang Tak Kunjung Surut
    Siswa SMPN 1 Turi Sleman yang selamat setelah susur sungai. Foto: DOK BNPB)
    Jakarta: Berbagai peristiwa terjadi dalam sepekan ke belakang, sejak 17-22 Februari 2020. Teranyar kasus tewasnya 10 siswa SMPN Turi 1 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akibat kegiatan susur sungai. Kemudian bencana banjir yang tak kunjung surut hingga satu bulan di Tunggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur dan longsor di Bogor yang menwaskan satu keluarga.

    Selain itu etelah dua pekan dikarantina di Natuna,  Kepulauan Riau. Ratusan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Hubei, Tiongkok, telah  pulang ke kampung halaman. Para WNI itu  merasa nyaman selama diobservasi.

    Pembersihan paparan radioaktif di lahan Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan masih dilakukan hingga kini.

    Berikut laporan berita daerah sepekan ke  belakang: 

    1. Susur Sungai, 10 Siswa SMPN 1 Turi Tewas  

    Sebanyak 10 siswa SMPN Turi 1 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tewas saat mengikuti kegiatan susur sungai. Mereka terbawa arus Sungai Sempor Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY, pada Jumat, 21 Februari 2020. Dua siswa yang hilang telah ditemukan pagi ini, Minggu, 23 Februari 2020. Total 10 siswa dinyatakan tewas, selengkapnya di sini.

    2. Satu Bulan Banjir Masih Merendam Tunggulangin 

    Banjir melanda dua desa di Kecamatan Tangguangin, Sidoarjo, Jawa, Timur, yakni Desa Kedung Banteng dan Banjar Sari. Kini banjir telah berstatus tanggap darurat, lantaran tak kunjung surut selama satu bulan, selengkapnya di sini.

    Ratusan warga mulai terserang gatal-gatal akibat banjir. Selain itu, sejumlah sekolah turut terendam banjir. Namun banjir tidak menyurutkan semangat pelajar mengibarkan bendera merah putih saat upaca di tengah banjir, selengkapnya di sini.

    2. Longsor Menewaskan Satu Keluarga di Ciawi

    Bencana longsor terjadi di Kampung Cibolang, Desa Banjarwangi, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 20 Februari 2020. Satu keluarga, yakni suami istri dan dua anak tewas tertimpa tembok rumah yang ambruk tergerus longsor, selengkapnya di sini.

    Tak hanya di Ciawi, longsor juga terjadi di Tol Purbaleunyi, Purwakarta, Jawa Barat. Longsor terjadi di KM 118. Operator alat berat terluka imbas dari longsor di Tol Purbaleunyi saat penanganan longsor, selengkapnya di sini.

    3. Paparan Radioaktif di Batan Indah di Atas Normal

    Lahan kosong di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten, terkontaminasi radiaoaktif sejak sepekan lalu. Nilai paparan kontaminasi radioaktif berkisar lima sampai tujuh microsievert, sementara ambang normal adalah 0,03 microsievert, selengkapnya di sini.

    4. TNI Dikerahkan Bangun Jalur Puncak II

    Bupati Bogor Ade Yasin akan berbuat nekat terkait proyek Jalur Puncak Dua atau Poros Tengah Timur. Ade bakal mengerahkan pasukan TNI, bila permohonan pembangunan jalan alternatif tersebut tak digubris Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selengkapnya di sini.

    5. Bogor Segera Punya Trem

    Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, masih menunggu keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) soal penerimaan hibah moda transportasi massal trem dari Belanda. Rencana hibah trem dari Belanda memiliki batas waktu hingga Juni 2020, selengkapnya di sini.

    6. Waspada Demam Berdarah

    Demam Berdarah Dengue (DBD) tengah melanda Indonesia. Capaian kasus DBD mencapai 6.639 
    kasus, selengkapnya di sini.

    Sementara itu, sebanyak 164 kasus DBD tercatat di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa 
    Yogyakarta (DIY), selengkapnya di sini. 

    Selain itu, sebanyak 658 warga di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), menderita DBD. Jumlah 
    penderita sebelumnya 567, selengkapnya di sini.

    7. Ratusan WNI dari Wuhan Pulang Kampung

    Ratusan warga negara Indonesia (WNI) kembali ke keluarganya masing-masing. Mereka usai dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau, usai dipulangkan dari Wuhan, Hubei, Tiongkok, karena mewabahnya virus korona atau covid-19.

    Di antaranya empat warga Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang turut diobservasi di Natuna tiba di kampung halaman pada Senin, 17 Februari 2020. Ke empatnya merasa senang dan bersyukur telah tiba di tanah kelahiranya, dan merasa nyaman selama dikarantina, selengkapnya di sini.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id