Banjir Bandang dan Longsor Landa Jepara

    Rhobi Shani - 20 Februari 2020 14:38 WIB
    Banjir Bandang dan Longsor Landa Jepara
    Banjir bandang di Desa Sumberejo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, Rabu, 19 Februari 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Jepara: Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sejak Rabu hingga Kamis siang, 20 Fabruari 2020. Akibatnya banjir bandang terjadi di Desa Sumberejo, Kecamatan Donorojo dan menyebabkan pohon tumbang dan longsor di beberapa titik.

    "Menjelang siang air sudah surut. Kalau di Sumberejo ini memang sudah sering banjir bandang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, saat dikonfirmasi.

    Arwin menjelaskan banjir bandang di Desa Sumberejo disebabkan sungai meluap. Banjir bandang terjadi pukul 04.30 WIB. Air yang merendam wilayah permukiman lebih dari 1 meter.

    Hujan deras yang mengguyur Bumi Kartini juga mengakibatkan rumah warga rusak akibat longsor. Salah satu rumah rusak pada bagian dapur lantaran longsor. Dinding rumah mengalami keretakan.

    "Lokasi longsor lainnya di Dukuh Gronggong RT28 RW04 Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji. Longsor terjadi pada pukul 05.30 WIB. Dampaknya, material tanah menutup akses jalan," jelas Arwin.

    Longsor juga terjadi di Desa Papasan, Kecamatan Bangsri. Tebing setinggi 15 meter, dengan panjang  6 meter mengalami longsor, pada pukul 04.00 WIB. Akibatnya, material tanah menutupi jalan desa.

    "Untuk Dukuh Gronggong, sudah dibersihkan dengan menggunakan alat berat DPUPR Jepara, sedangkan untuk Desa Papasan dibersihkan dengan cara manual bersama warga," ungkap Arwin.

    Untuk pohon tumbang, terjadi di Desa Wonorejo, Jepara, Desa Krasak Kecamatan bangsri, dan Desa Senenan, Kecamatan Tahunan. Akibat dari kejadian tersebut, sempat menutup akses jalan. Selain itu juga terjadi di Desa Karangkebagusan, Jepara, dan Desa Guyangan, Bangsri.

    "Sedangkan rumah roboh terjadi di wilayah RT 11 RW 2, Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Kali ini menimpa rumah milik Turiyoso," pungkas Arwin.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id