RT/RW di SIdoarjo Diminta Tak Asal Beri Surat Keterangan

    Syaikhul Hadi - 20 Mei 2020 16:53 WIB
    RT/RW di SIdoarjo Diminta Tak Asal Beri Surat Keterangan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Sidoarjo: Perangkat RT/RW di Sidoarjo, Jawa Timur, diminta tidak asal memberikan surat keterangan saat pandemi covid-19. Terlebih, surat itu diberikan kepada warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), ataupun terkonfirmasi positif korona.

    "Langkah-langkah untuk mengantisipasi penyebaran. Hanya saja untuk ke depan, lebih diefektifkan lagi warga yang statusnya reaktif," ungkap Wakil Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo, Kombes Sumardji, Rabu, 20 Mei 2020. 

    Sumardji menerangkan, perangkat desa dan RT/RW bisa menanyakan langsung perihal warga berstatus ODP, PDP dan positif. Sehingga tidak sembarangan memberikan surat keterangan jalan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II. 

    Dia mengaku mendapat laporan, bahwa merrka yang dinyatakan reaktif nekat dan lolos dari pemeriksaan cek poin. Sehingga, dia berharap agar lebih selektif.

    "Nah RT/RW nya harus tahu siapa yang confirm, PDP dan ODP. Sehingga kalau sudah tahu mereka tidak mengeluarkan surat itu," ujarnya.

    Baca: Warga Kota Malang Diimbau Salat Id di Rumah

    Dia meminta perangkat RT/RW melek informasi. Sehingga penerapan PSBB di Sidoarjo bisa menekan angka sebaran covid-19 di Sidoarjo. 

    "Secara keseluruhan sudah dikasih tahu mulai hari ini. Jangan sampai kita teriak-teriak untuk mengatasi itu, tapi pelaksanaanya ditingkat RT/RW tidak tahu," tukasnya.

    Pada penerapan PSBB tahap II, Pemerintah Sidoarjo menekankan cek poin di tingkat desa. 
    Cek poin di tingkat desa hampir sama dengan di jalan protokol. 

    Pengendara dilarang berboncengan, wajib menggunakan masker, dan tetap menjaga physical distancing. Begitu pun di desa, warga wajib membawa dan menunjukkan surat keterangan dari RT/RW bila hendak keluar kawasan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id