Seorang Pendaki Gunung Bawakaraeng Gowa Tewas akibat Hipotermia

    Muhammad Syawaluddin - 17 Agustus 2020 15:40 WIB
    Seorang Pendaki Gunung Bawakaraeng Gowa Tewas akibat Hipotermia
    Proses evakuasi korban meninggal di Gunung Bawakaraeng oleh Basarnas Gabungan, Senin, 17 Agustus 2020. Istimewa
    Makassar: Seorang pendaki Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan, tewas diduga mengalami hipotermia. Korban bernama Wawan Kurniawan berencana merayakan HUT ke-75 RI di puncak gunung.

    "Iya meninggal di Gunung Bawakaraeng," kata, Humas Basarnas Makassar, Hamsidar, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 17 Agustus 2020.

    Baca: Panglima Perang KKB KaliKopi Ditembak Mati

    Hamsidar mengatakan, Wawan, 16, itu meninggal di pos 10 karena kedinginan atau hipotermia. Dia diduga mengalami hipotermia saat tiba di antara Pos delapan dan sembilan. Korban sempat mendapat pertolongan di Pos 10, namun nyawanya tak tertolong

    Sementara itu, Kepala Seksi Operasi Basarnas Makassar, Rizal, mengatakan korban naik Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT ke-75 RI bersama dengan sembilan temannya melalui jalur Lembanna. Namun, saat berada di Pos 9, Wawan mulai kedinginan dan sempat dirawat oleh pendaki lain hingga berada di puncak. 

    Dari informasi yang diperoleh korban merupakan seorang pelajar yang berasal dari Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Korban saat ini telah dievakuasi oleh tim Basarnas gabungan dan diserahkan ke tim medis. 

    "TNI dan Polri sudah menghubungi keluarganya untuk melihat dan korban," katanya. 

    Selain satu orang yang meninggal tim Basarnas gabungan juga saat ini tengah merawat dua pendaki lain yang hipotermia di pos delapan, di salah satu gunung tertinggi di Sulawesi Selatan itu. 

    Dari data Basarna Kota Makassar hingga Minggu 17 Agustus 2020 kemarin. Ada sebanyak 15. 228 pendaki yang berada di pegunungan Bawakaraeng yang memiliki ketinggian 2.830 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan rincian tujuan puncak sebanyak 5.935, tujuan Lembah Ramma 3.053, dan camp di kaki gunung berjumlah 6.240.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id