WN Tiongkok di Cirebon Dipastikan Lewati Pemeriksaan Bandara

    Ahmad Rofahan - 05 Februari 2020 19:10 WIB
    WN Tiongkok di Cirebon Dipastikan Lewati Pemeriksaan Bandara
    Wartino, Koordinator KKP Bandung wilayah kerja Pelabuhan Cirebon saat memberikan keterangan kepada wartawan di Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 5 Februari 2020. Medcom.id/ Ahmad Rofahan
    Cirebon: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung, memastikan lima Warga Negara Asing (WNA) asal Provinsi Hubei, Tiongkok yang berada di Cirebon, sudah melewati pemeriksaan saat di bandara.

    Koordinator KKP Bandung wilayah kerja Pelabuhan Cirebon, Wartoni, mengatakan ada tiga kali pemeriksaan yang dilakukan di bandara terkait masalah virus korona.

    "Untuk WNA asal Hubei Tiongkok ini, mendaratnya di Bandara Soekarno Hatta" kata Wartoni saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Februari 2020.

    Saat berada di Bandara Soekarno Hatta, lima WNA ini sudah dilakukan pemeriksaan oleh pihak KKP. Dalam pemeriksaan tersebut suhu tubuh semua WNA dalam keadaan normal.

    "Sehingga bisa lolos dalam pemeriksaan tersebut," jelas Wartoni.

    Namun karena perjalanan yang cukup melelahkan, sangat memungkinkan membuat salah satu WNA tersebut mengalami masalah dalam kesehatan.

    Wartoni mengungkapkan WNA tersebut mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 00.50 WIB, Sabtu, 1 Februari 2020. Sedangkan melanjutkan perjalanan menuju Cirebon, baru dillakukan pada pukul 08.00 WIB dengan mengggunakan kereta api.

    Apalagi latihan tari yang diikuti oleh lima WNA tersebut cukup padat. Menurut Wartino, dalam satu hari, latihan tari dilakukan dalam tiga sesi. "Pukul 09.00-11.00 WIB, kemudian pukul 15.00-17.00 WIB dan pukul 19.00-22.00 WIB," ungkap Wartoni.

    Wartoni kembali mengatakan berdasarkan hasil wawancara dengan WNA asal Hubei tersebut, diketahui XC sempat mengikuti latihan hari pada Minggu dan Senin. Saat Minggu, XC bisa berlatih secara penuh. Sedangkan pada hari Senin, XC hanya berlatih sampai sesi pertama.

    "Kemudian malamnya terus drop, sampai dikompres," ungkap Wartoni.

    Sebelumnya diinformasikan, XC, 25, WNA asal Hubei Tiongkok, dirawat di ruang isolasi RSUD Gunungjati Cirebon. XC mengalami gejala panas dan masalah tenggorokan.

    Pihak rumah sakit masih melakukan pengawasan terhadap pasien tersebut dan masih menunggi tim dari Kementerian Kesehatan.
    "Statsunya pasien dalam pengawasan, belum suspect korona," ujar Ismail Jamaludin, Direktur RSUD Gunungjati Cirebon.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id