Aplikasi 'Kitab Suci Aceh' di Google Dianggap Provokatif

    Fajri Fatmawati - 31 Mei 2020 17:27 WIB
    Aplikasi 'Kitab Suci Aceh' di Google Dianggap Provokatif
    ilustrasi foto google
    Banda Aceh: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyatakan aplikasi 'Kitab Suci Aceh' berisi terjemahan kitab Injil, Taurat dan Zabur dalam Bahasa Aceh telah mengusik kerukunan beragama di Bumi Serambi Mekah. Aplikasi ini dianggap provokatif.

    Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Aceh, Muhammad Nasril, mengatakan dengan mencatut nama Aceh di dalam sebuah aplikasi yang merupakan terjemahan dari kitab suci agama, sangat tidak tepat dan dapat meresahkan warga. "Silakan cari nama lain yang tidak ada provokasi. Jika kita melihat antara nama aplikasi dengan isinya tidak ada dukungannya," kata Nasril, Minggu, 31 Mei 2020.

    Ia mengatakan, pihak pengembang setuju meralat nama aplikasi tersebut. Namun harus memperhatikan kearifan lokal masyarakat sekitar, jika memang aplikasi tersebut dimaksudkan untuk mengaitkan dengan daerah tertentu.

    Baca: Aplikasi Kitab Suci Aceh di Google Diprotes

    "Itu tidak cocok dengan kearifan lokal masyarakat Aceh jika nama aplikasi itu dituliskan kitab suci Aceh. Maunya langsung saja menulis kitab suci agama apa yang dimulai di bawahnya diterbitkan bahasa apa, tidak seperti yang sedang diterbitkan saat ini," ujarnya.

    Nasril mengatakan, pihaknya meminta pihak pengembang aplikasi tersebut untuk segera mengubah namanya. "Aceh sangat rukun saat ini, jangan usik kerukunan ini hanya dengan aplikasi," jelas Nasril.

    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh telah mengirimkan surat protes kepada perusahaan Google Indonesia terkait keberadaan aplikasi 'Kitab Suci Aceh' di Google Play Store yang dinilai provokatif dan telah meresahkan masyarakat Aceh. Serta meminta agar segera menutup aplikasi tersebut secara permanen. 

    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id