Dua Kasus Pertama Covid-19 di Papua dari Merauke

    Roylinus Ratumakin - 22 Maret 2020 17:34 WIB
    Dua Kasus Pertama Covid-19 di Papua dari Merauke
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Jayapura: Dua kasus pertama Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang positif terjangkit covid-19 di Provinsi Papua, berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke. Kedua pasien merupakan laki-laki berusia 46 dan 31 tahun.

    Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Dokter Nevil Mustika, mengungkapkan, pasien pertama pernah mengikuti salah satu kegiatan di Kabuparen Bogor, Jawa Barat, pada Februari 2020.

    Sekembalinya ke Merauke, pasien mengalami batuk, pilek, dan demam. Pasien sempat memeriksakan diri ke dokter praktik umum namun tak kunjung membaik hingga dirujuk ke RSUD Merauke sejak 11 Maret 2020.

    “Sedangkan pasien kedua berusia 31 tahun adalah seorang tenaga medis di rumah sakit, yang melakukan kontak dengan pasien pertama saat mulai dirawat,” kata Nevi, Minggu, 22 Maret 2020.

    Baca juga: Papua Konfirmasi Dua Kasus Covid-19 Pertama

    Menurut Nevil, setelah melakukan kontak dengan pasien pertama, tenaga medis itu mulai menunjukkan gejala batuk dan pilek, sehingga dievakuasi ke rumah sakit dan diobservasi.

    “Begitu sampel darahnya ikut dikirim, akhirnya diketahui bersangkutan positif korona. Kedua pasien yang positif korona, kondisinya berangsur membaik," sambung dia.

    Hingga saat ini, kata Nevil, RSUD Merauke merawat lima orang PDP. Dua di antaranya dinyatakan positif terjangkit covid-19 sedangkan tiga pasien lain belum dinyatakan statusnya.

    “Sekitar pukul 13.00 WIT tadi siang, rumah sakit menyampaikan ada satu pasien lagi (pasien kelima) masuk dan ditetapkan sebagai PDP, laki-laki berusia 34 tahun,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id