Jenazah Pasien Covid-19 di Prabumulih Dimakamkan Tanpa Protokol

    Gonti Hadi Wibowo - 14 Mei 2020 22:43 WIB
    Jenazah Pasien Covid-19 di Prabumulih Dimakamkan Tanpa Protokol
    ilustrasi Medcom.id
    Palembang: Jenazah pasien positif covid-19 di Kota Prabumulih, Sumatra Selatan, dimakamkan tanpa mengikuti protokol pemakaman jenazah covid-19. Diketahui bahwa pasien tersebut merupakan perempuan 78 tahun dengan  kasus nomor 368.

    "Iya (benar) dan kami baru tahu ada satu pasien yang dimakamkan tanpa protokol kesehatan. Status pasien itu saat meninggal adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, Yusri, saat dikonfirmasi, Kamis, 14 Mei 2020.

    Baca: 9.773 Warga Surabaya Sudah di Rapid Test

    Yusri mengatakan pasien itu meninggal pada 12 Mei 2020 lalu. Namun hasil laboratorium dari pasien itu baru keluar 13 Mei 2020 dan baru diumumkan Gugus Tugas Covid-19 Sumsel pada hari ini.

    "Kami sangat menyayangkan kejadian ini terjadi. Saya juga sudah intruksikan gugus tugas setempat untuk segera melakukan tracing terhadap keluarga maupun orang yang ikut melayat," jelasnya.

    Sementara Kepala Dinas Kesehatan Prabumulih, Happy Tedjo, mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan tracing terhadap keluarga maupun orang yang diduga menjalin kontak dengan pasien saat melayat maupun ketika pemakaman.

    "Petugas masih bekerja di lapangan dan untuk hasilnya jika sudah tahu nanti akan kita sampaikan ke publik," kata Tedjo.

    Tedjo menjelaskan pasien tersebut awalnya sempat dirawat di rumah sakit Fadillah kemudian kondisi kesehatannya berangsur membaik dan dipulangkan ke rumah. Namun, beberapa hari setelahnya kondisinya kembali menurun dan dirawat di rumah sakit umum daerah Kota Prabumulih.

    Kemudian pasien itu diizinkan pulang dan menjalani perawatan di rumah atas permintaan pihak keluarga hingga meninggal dunia.

    "Tim kami sudah meminta agar proses pemakaman dilakukan secara protokol kesehatan tetapi pihak keluarga menolak dan memakamkan jenazah itu secara umum," pungkas Tedjo.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id