Vaksinasi Anak di Jatim Digelar Serentak 4 Agustus

    Daviq Umar Al Faruq - 02 Agustus 2021 21:52 WIB
    Vaksinasi Anak di Jatim Digelar Serentak 4 Agustus
    Anak usia pelajar menunjukkan kartu vaksinasi covid-19.. Foto: Antara/Mentari Dwi Gayati.



    Malang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berencana menggelar vaksinasi Covid-19 untuk untuk berusia 12-17 tahun. Vaksinasi untuk anak akan digelar serentak di seluruh kabupaten/kota.

    "Besok Rabu (4 Agustus 2021), kita akan melakukan secara virtual bagaimana vaksinasi bisa serentak dilakukan untuk usia 12-17 tahun," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memantau gelaran vaksinasi covid-19 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin 2 Agustus 2021.

     



    Khofifah menjelaskan, program percepatan vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur saat ini memang belum bisa dilakukan secara masif. Stok ketersediaan vaksin masih terbatas dari pemerintah pusat.

    "Kita tidak bisa secara masif karena memang stok vaksin itu datangnya tidak langsung dalam jumlah besar. Biasanya dalam seminggu, dua kali datang. Adanya seberapa, kita distribusikan ke masing-masing kabupaten dan kota," jelasnya.

    Baca: Vaksinasi Anak di Bekasi Dimulai 4 Agustus

    Pemprov Jatim sebelumnya menggandeng beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur untuk program akselerasi vaksinasi Covid-19. Seperti di Kota Malang, ada dua kampus yang digandeng Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Islam Malang (Unisma).

    "Partnership ini akan memberikan percepatan layanan vaksinasi bagi berbagai segmen dan elemen. Kami berharap partnership seperti ini bisa terus dikembangkan. Kita mohon untuk bisa membantu percepatan vaksinasi karena memang hari ini dua hal di hulu yang harus kita lakukan percepatan. Satu adalah vaksinasi dan dua menjaga protokol kesehatan dengan baik," jelasnya.

    Setelah menyasar perguruan tinggi, Pemprov Jatim pun berencana menggandeng sekolah untuk pelaksanaan program akselerasi vaksinasi Covid-19. 

    "Strong partnership ini menjadi penting. Kita memang mengkoordinasikan dengan berbagai perguruan tinggi. Koordinator di tingkat provinsi adalah kepala dinas pendidikan. Kami tentu membangun koordinasi intensif internal kami dengan dinas kesehatan, tetapi untuk perguruan tinggi dan nanti di sekolah-sekolah juga koordinator di tingkat provinsi adalah kepala dinas pendidikan," ungkapnya.

    Sementara itu, Rektor UMM, Fauzan menyampaikan vaksinasi Covid-19 di UMM ini merupakan insiatif dari Gubernur Jatim yang bekerja sama dengan Pemkot Malang, Pemkab Malang, serta UMM. 

    “Vaksinasi ini merupakan upaya akselerasi dalam melakukan percepatan, khususnya kepada masyarakat Malang Raya. Namun tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat luar Malang yang berdomisili dan berkepentingan di Malang,” katanya.


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id