368 Rumah di Tangerang Rusak Diterjang Puting Beliung

    Hendrik Simorangkir - 13 Desember 2019 14:51 WIB
    368 Rumah di Tangerang Rusak Diterjang Puting Beliung
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Tangerang: Angin puting beliung menerjang lima desa di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Kamis, 12 Desember 2019. Puting beliung merusak ratusan rumah. 

    "Data sementara yang kami catat terdapat 368 rumah mengalami rusak, di mana 78 rumah rusak berat dan 290 rumah mengalami rusak ringan," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat, Jumat, 13 Desember 2019. 

    Ujat merinci kerusakan rumah terjadi di Desa Tanjung Anom sebanyak 83 rumah, Tegal Kunir Lor sebanyak 133 rumah, Sasak sebanyak 56 rumah, sementara Banyuasih terdapat 26 rumah dan Gunung Sari 82 rumah. 

    "Lima desa itu masih didata. Pendataan itu bertujuan untuk mengetahui dari segi kerusakan. Angin puting beliung datang bersamaan di saat hujan lebat yang turun, sejak pukul 10.30 WIB Kamis, 12 Desember 2019," jelasnya.

    Ujat mengatakan dalam bencana tersebut tak menimbulkan korban jiwa. Namun empat warga mengalami luka-luka, dan sudah ditangani di Puskesmas dan rumah sakit terdekat.

    "Saat kejadian empat warga tersebut berlarian ke jalan karena panik dan tertimpa reruntuhan bangunan. Kerugian material bisa ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," katanya.

    Sekretaris Kecamatan Mauk Cucu Abdurosyid menambahkan semua warga terdampak mendapat bantuan sesuai dengan klasifikasi kerusakan. Baik rusak ringan, rusak berat maupun rusak sedang.

    "Untuk bantuan kepada korban, pengirman bantuan berupa makanan jadi, dan siang ini dari pihak BPBD sudah menyiapkan bantuan logistik dan pendirian dapur umum untuk korban, dan saat pasca insiden kami juga sudah langsung mengirimkan bantuan selimut, logistik dan pembangunan tenda penampungan sementara," jelas Cucu. 


    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id