1.200 Warga di Demak Mengungsi Akibat Banjir

    Rhobi Shani - 09 Januari 2020 16:48 WIB
    1.200 Warga di Demak Mengungsi Akibat Banjir
    Warga korban banjir di pengungsian di kantor Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Jawa Tengah.
    Demak: Sebanyak 1.200 warga Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah mengungsi. Mereka mengungsi akibat banjir yang disebabkan tanggul sungai Tuntang yang melintas di desa tersebut jebol. 

    Komandan Kodim 0716 Demak, Letkol Arh Mohamad Ufis, mengatakan ada beberapa titik pengungsian warga korban banjir. Itu seperti di Kantor Kecamatan Guntur, Masjid Bakalrejo, dan Koramil Guntur.

    “Data sementara ada 160 rumah yang terendam dan warga yang mengungsi ada sekitar 1.200 jiwa,” kata Ufis.

    Seorang pengungsi, Suparman, mengatakan banjir terjadi pukul 09.00 WIB. Namun, sebelumnya sudah diketahui tanda-tanda tanggul akan jebol.

    “Ya sudah tahu. Pagi itu masih kecil terus jam 09.00 WIB banjir besar,” ujar Suparman ditemui di lokasi pengungsian di Kantor Kecamatan Guntur, Kamis, 9 Januari 2020.

    Suparman ke pengungsian tidak sendiri. Dia bersaama istri, dua anak, dan lima cucunya. Tercatat ada 1.500 lebih warga yang memgungsi di kantor Kecamatan Guntur. 

    “Tadi televisi sudah dinaikan ke atas almari. Kambing dan sepeda motor ditempatkan di atas tanggul, tadi saya tutupi terpal,” kata Suparman.

    Istri Suparman, Musriah, menambahkan selain membawa pakaian ganti secukupnya, dia juga membawa beras, perlengkapan makan. Alas tidur seperti kasur tidak sempat dibawa lantaran lebih dulu terendam banjir.

    “Beras untuk makan. Tadi juga sudah dapat jatah makan nasi bungkus satu kali,” kata Musriah.

    Bnajir di Desa Trimulyo disebabkan tanggul sungai Tuntang setinggi 5 meter jebol. Rusaknya tanggul selebar 6 meter itu, diduga dari bocornya pipa air untung irigasi sawah. Banjir merendam ratusan rumah. Ketinggian air dipermukiman warga beragam, mulai 40 sentimeter hingga 100 sentimeter. Selain permukiman, banjir juga merendam area persawahan dan sekolah dasar.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id